Sukses

Penyebab dan Gejala Eksim, Bisakah Konsultasi ke Klinik Kecantikan?

Klinik kecantikan seperti ERHA Ultimate bukan cuma menangani dermatologi estetika saja, tapi juga bisa menangani beragam masalah dan penyakit kulit tidak menular seperti eksim.

Liputan6.com, Jakarta Eksim adalah peradangan di kulit yang biasanya ditandai dengan kulit kering, ruam, dan bersisik. Dalam istilah medis disebut sebagai dermatitis atopik yang masuk kategori sebagai penyakit tidak menular. Jika kamu mengalaminya, apakah harus ke rumah sakit atau konsultasi ke klinik kecantikan juga bisa? 

Sebelum menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita bahas dulu, apa sih sebenarnya penyebab eksim? Laman National Eczema.org menjelaskan kalau penyebab eksim hingga saat ini belum diketahui pasti. 

Namun penyebab eksim yang paling umum adalah riwayat keluarga dengan eksim alias genetik. Perbedaan cara kerja sistem kekebalan tubuh, seperti alergi makanan, perubahan hormon. Penyebab lainnya adalah paparan lingkungan tertentu misalnya karena deterjen cucian dan pelembut kain, udara kering, terpapar udara kering, panas, atau dingin yang ekstrim dalam jangka waktu lama. Bahkan stres secara emosional juga dapat memicu kambuhnya eksim.  

Selain penyebab, penderita eksim kulit pun mengalami gejala atau tanda eksim yang beragam atau berbeda, antara satu orang dengan yang lainnya. Nah kamu mungkin pernah mendengar ada yang namanya eksim kering dan eksim basah. Dalam istilah medis sebenarnya kedua jenis itu nggak ada, dokter hanya menyebut kondisi tersebut dengan istilah dermatitis atopik. 

Namun jika dijabarkan, eksim kering timbul dengan gejala kulit kering, gatal, dan meradang. Kondisi tersebut dapat berlangsung lama dan bisa kambuh kembali, dengan ruang kemerahan yang membuat kulit jadi kering, pecah-pecah, dan terasa gatal. 

Sementara eksim basah ditandai dengan keluarnya cairan bening dari kulit yang disebabkan peradangan di kulit. Cairan tersebut keluar ke permukaan kulit karena terjadi peradangan yang disebabkan karena pembuluh darah kulit melebar dan menyebabkan pembengkakan ringan.

Satu hal yang pasti, gejala eksim hampir selalu disertai rasa gatal pada kulit. Kamu juga harus tahu bahwa beberapa orang mungkin mengalami lebih dari satu eksim. Oleh karena itu, jika kamu mengalami gejala tersebut, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter kulit yang ada di klinik kecantikan seperti ERHA Ultimate, untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai. 

Jangan bingung, ERHA Ultimate bukan cuma menangani dermatologi estetika saja loh, tapi juga bisa menangani beragam masalah dan penyakit kulit tidak menular seperti eksim. Dalam rangka World Atopic Eczema Day atau Hari Eksim Atopy Sedunia, pada 14 September 2024, ERHA Ultimate ingin mendukung para eczema fighter lewat program Atopy & Skin Disease Center. 

Sebagai klinik kecantikan yang menghadirkan Solusi Atopy Terlengkap,ERHA Ultimate menghadirkan berbagai solusi klinis yang mengedepankan pendekatan personal dari ahlinya serta tindakan yang didukung oleh teknologi terpercaya agar yang penderita eksim dapat melakukan perawatan dengan tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa Konsultasi ke Klinik Kecantikan ERHA Ultimate?

Alasan pertama karena dokter yang menangani kasus eksim di ERHA Ultimate adalah dokter spesialis dermatologi & venereologi (Sp.DVE) atau yang lebih umum dikenal sebagai dokter spesialis kulit, berpengalaman yang dapat mendiagnosis jenis eksim yang kamu alami. Kedua, sistem pelayanan di ERHA Ultimate sesuai standar rumah sakit dan higienitas, namun lebih efisien, nyaman, dan mudah untuk customer. Artinya, kamu bisa menghemat waktu karena ketika konsultasi ke ERHA Ultimate nggak terlalu banyak antrian. 

Ketiga, klinik kecantikan ERHA Ultimate pada program  Atopy & Skin Disease Center hanya menangani pasien dengan keluhan penyakit kulit tidak menular, seperti eksim. Keempat, kamu sebagai pasien di klinik kecantikan ERHA Ultimate, dipastikan bakal mendapatkan perawatan eksim yang tepat sesuai dengan tingkat keparahannya karena dokter akan membantu gejala eksim ringan hingga berat dan mencegah kekambuhan kembali. 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Eksim di Klinik Kecantikan ERHA Ultimate?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus tahu kalau pengobatan eksim bertujuan untuk mengurangi peradangan, meredakan gatal, menjaga kelembaban kulit, dan mengurangi kekambuhan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi eksim di klinik kecantikan ERHA Ultimate.  

1. Konsultasi

Cara penanganan penyakit kulit eksim yang tepat dilihat dari penyebabnya, di sinilah pentingnya kamu harus melakukan konsultasi ke dokter spesialis. Sebelum konsultasi ke dokter, pastikan kamu tahu kapan gejala eksim muncul, apakah saat kamu mengalami tekanan dalam pekerjaan atau iritan. Catat kondisinya jika perlu! 

2. Doctor Skincare

Pengobatan yang dilakukan di ERHA Ultimate tergantung dari gejalanya. Untuk mengatasi ruam, gatal, dan gejala lain yang muncul di kulit, biasanya dokter akan memberikan obat eksim seperti krim racikan dokter, atau yang juga disebut sebagai Doctor Skincare, yang diresepkan khusus dari ERHA Ultimate. 

3. Daily Skincare

Dokter spesialis kulit akan memberikan rangkaian produk daily skincare dengan formula terbaik, untuk para pasiennya. Daily skincare dari ERHA Ultimate diberikan untuk kasus eksim yang lebih ringan. Bisa juga digunakan sebagai produk maintenance, jika gejala yang ditimbulkan mulai mereda. Rangkaian produk daily skincare-nya bisa berupa pelembap untuk menjaga kulit biar nggak kering sekaligus untuk membantu menyamarkan bekas luka akibat garukan dari gejala gatal, dan juga pembersih (cleanser). 

4. Medical Treatment

Setiap orang yang menderita eksim memiliki gejala dan kekambuhan yang berbeda-beda. Jika gejala yang ditimbulkan seperti ruam-ruam yang tak kunjung hilang dan tak segera diatasi, peradangan kulit bisa bertambah parah. Alhasil, ruam eksim yang tadinya hanya kemerahan dan sering digaruk karena gatal, dapat menjadi luka, melepuh, hingga mengeluarkan cairan. Jika kondisi itu terjadi, artinya eksim yang dialami sudah memasuki tingkat keparahan yang lebih tinggi. 

Untuk mengatasinya perlu didukung pengobatan dari dalam dengan obat minum (oral). Nah, untuk menghilangkan bekas luka, diperlukan juga medical treatment. Yup, medical treatment diperlukan jika eksim sering kambuh, menyebabkan bekas luka yang umumnya tampak gelap, menebal, bahkan luka meluas di beberapa area tubuh. Kondisi tersebut bukan cuma mengganggu kenyamanan, tapi juga menurunkan kualitas hidup karena penderitanya jadi nggak percaya diri. 

Jika bekas luka menjadi masalah, ERHA Ultimate memiliki atopy treatment khusus untuk kasus dengan tingkat keparahan yang moderate ke berat, seperti NB-UVB Therapy by Excimer Light, Red Light Therapy, atau NB-UVB Therapy by Phototherapy untuk mengurangi peradangan kulit. 

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai program Atopy and Skin Disease Center dari ERHA Ultimate, kunjungi laman ini dan jangan lupa follow akun Instagram @erha.ultimate untuk mendapatkan informasi ter-update lainnya.

 

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.