Sukses

Terungkap, Tetesi Hidung dengan Air Garam Bantu Anak Pulih dari Pilek Lebih Cepat

Untuk penelitian tersebut, para peneliti mengajari orangtua cara membuat dan mengoleskan air garam ke hidung anak-anak mereka untuk membantu penanganan pilek dan flu.

Liputan6.com, Jakarta - Flu dan pilek menjadi penyakit yang kerap menjangkiti anak. Ketika penyakit ini melanda, proses penyembuhan bisa berlangsung selama beberapa hari.

Namun, kini peneliti Inggris mengungkap bahwa mencuci hidung saline hipertonik dapat mempersingkat pilek pada anak selama dua hari. Selain itu, tetes hidung juga dapat mengurangi risiko anggota keluarga terjangkit penyakit.

“Anak-anak mengalami 10 hingga 12 infeksi saluran pernapasan atas, yang kami sebut sebagai pilek, per tahun, yang berdampak besar pada mereka dan keluarga mereka,” jelas profesor Steve Cunningham dari Universitas Edinburgh.

“Ada obat-obatan untuk meringankan gejala, seperti parasetamol dan ibuprofen, tapi tidak ada pengobatan yang bisa membuat flu lebih singkat.”

Untuk penelitian tersebut, para peneliti mengajari orangtua cara membuat dan mengoleskan air garam ke hidung anak-anak mereka. Tiga tetes diberikan ke setiap lubang hidung setidaknya empat kali sehari sampai 150 anak tersebut menjadi lebih baik.

151 anak yang tersisa diberi pengobatan flu biasa.

“Kami menemukan bahwa anak-anak yang menggunakan obat tetes hidung air garam mengalami gejala pilek rata-rata selama enam hari, sedangkan anak-anak yang menggunakan perawatan biasa mengalami gejala selama delapan hari,” kata Cunningham.

“Anak-anak yang menerima obat tetes hidung air garam juga membutuhkan lebih sedikit obat selama mereka sakit.”

Dibandingkan 61% rumah tangga lainnya, hanya 46% rumah tangga yang melaporkan anggota keluarganya terkena flu. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Obat Tetes Hidung Air Garam

Delapan puluh dua persen orang tua mengatakan mencuci hidung dengan obat tetes hidung membantu anak mereka pulih dengan cepat, dengan 81% menyatakan bahwa mereka akan menggunakan obat tetes di masa depan.

Penelitian ini akan segera dipresentasikan pada Kongres Masyarakat Pernapasan Eropa di Wina, Austria. 

Kepala peneliti studi tersebut, konsultan ahli virologi Sandeep Ramalingam, mencatat bahwa masyarakat di Asia Selatan sering menggunakan larutan air garam untuk mengobati pilek.

 

3 dari 4 halaman

Lawan Virus dengan Asam Hipoklorit

Cunningham mengatakan sel-sel yang melapisi saluran pernapasan menggunakan klorida dari tetesan garam untuk menghasilkan asam hipoklorit untuk bertahan melawan virus.

“Dengan memberikan klorida ekstra pada sel-sel yang melapisinya, hal ini membantu sel memproduksi lebih banyak asam hipoklorit, yang membantu menekan replikasi virus, mengurangi durasi infeksi virus, dan juga durasi gejala,” kata Cunningham.

 

4 dari 4 halaman

Penelitian Pertama yang Menyelidiki Efek Obat Tetes Hidung pada Pilek

Alexander Möeller, kepala asembli pediatrik ERS, mengatakan penelitian ini adalah yang pertama menyelidiki efek obat tetes hidung asin pada pilek pada anak-anak.

“Intervensi yang sangat murah dan sederhana ini berpotensi diterapkan secara global; memberikan orang tua cara yang aman dan efektif untuk membatasi dampak pilek pada anak-anak dan keluarga mereka akan memberikan pengurangan yang signifikan terhadap beban kesehatan dan ekonomi dari kondisi yang paling umum ini,” kata Möeller, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Penulis penelitian juga memperhatikan bahwa anak-anak yang menerima obat tetes hidung mengalami mengi lebih sedikit selama pilek, dan mereka berencana untuk menyelidikinya lebih jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini