Sukses

Perbanyak Makan Buah Saat Paruh Baya Bermanfaat Kurangi Risiko Depresi di Masa Tua

Sebuah studi yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, Health and Aging pada Juni 2024 menemukan bahwa orang-orang di usia paruh baya yang makan lebih banyak buah memiliki tingkat depresi yang lebih rendah di usia yang lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak lama diketahui bahwa buah dalam menu makanan Anda meningkatkan asupan serat, kadar antioksidan, serta variasi makanan. Kini, penelitian baru menunjukkan bahwa asupan buah juga berpotensi mencegah depresi di kemudian hari.

Sebuah studi yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, Health and Aging pada Juni 2024 menemukan bahwa orang-orang di usia paruh baya yang makan lebih banyak buah memiliki tingkat depresi yang lebih rendah di usia yang lebih tua. Studi longitudinal di Singapura ini melacak hampir 14.000 peserta selama lebih dari 20 tahun. Mereka yang mengonsumsi buah paling banyak (setidaknya tiga porsi per hari) mengurangi kemungkinan depresi terkait usia setidaknya 21%.

Temuan mengenai makan buah ini dapat memberikan dampak yang berarti dalam mencegah kondisi kesehatan mental yang sangat umum terjadi pada populasi lansia.

“Penelitian di seluruh dunia memperkirakan bahwa prevalensi gejala depresi di usia lanjut berkisar antara 17,1% hingga 34,4%, dan di antara mereka yang memiliki gejala depresi ringan atau subklinis, 8-10% dapat beralih ke depresi berat setiap tahunnya,” penulis studi senior Woon Puay Koh, MBBS, PhD, profesor di Program Penelitian Terjemahan Panjang Umur Sehat Universitas Nasional Singapura, mengatakan kepada Health.

“[Ini] dikaitkan dengan penurunan kualitas hidup dan peningkatan risiko morbiditas dan mortalitas.”

Statistik yang meresahkan ini mengarahkan Koh dan tim penelitinya untuk mengeksplorasi bagaimana pola makan di usia paruh baya dapat memengaruhi kesehatan mental di tahun-tahun berikutnya. Berikut ini apa yang mereka temukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaitan Antara Konsumsi Buah dan Depresi

Studi Journal of Nutrition, Health and Aging dimulai dengan data sejak tahun 1993–1998. Pada periode ini, 13.738 orang dewasa di Singapura diminta menjawab pertanyaan rinci mengenai konsumsi buah dan sayur. Usia dasar mereka adalah 52,4 tahun. Lebih dari dua dekade kemudian, dalam wawancara lanjutan pada periode 2014-2016, ketika peserta memiliki usia rata-rata 72,5 tahun, mereka dievaluasi menggunakan Skala Depresi Geriatri, sebuah alat skrining klinis yang digunakan di banyak negara untuk mengidentifikasi depresi pada orang lanjut usia.

Semakin banyak subjek yang makan buah-buahan pada kuesioner tahun 1990an, semakin rendah kemungkinan mereka mengalami depresi sekitar 20 tahun kemudian. Hubungan antara buah-buahan dan kesehatan mental yang lebih baik juga tidak kecil. Koh menyatakan dalam siaran pers sebelumnya bahwa peserta yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi buah-buahan sehari, dibandingkan dengan mereka yang kurang dari satu porsi sehari, mampu mengurangi kemungkinan depresi terkait penuaan setidaknya 21%.

Buah-buahan yang dimaksud adalah 14 pilihan spesifik yang biasa disantap di Singapura. Diantaranya, jeruk, jeruk keprok, pepaya, pisang, dan semangka secara khusus dikaitkan dengan penurunan kemungkinan depresi.

Menurut Julie Pace, RDN, pakar nutrisi fungsional dan pemilik Core Nutrition Health and Wellness, hal ini mungkin memengaruhi seberapa baik kesimpulan penelitian tersebut dapat diterapkan pada populasi lain. “Buah-buahan dan sayuran yang diteliti mungkin berbeda dari yang biasanya dikonsumsi dalam pola makan orang Barat, sehingga dapat membatasi penerapan temuan ini pada orang Amerika,” katanya kepada Health.

Keterbatasan potensial lainnya yang ia catat adalah fakta bahwa penelitian ini dilakukan hanya pada warga dewasa Singapura keturunan Tionghoa. Penelitian menunjukkan bahwa fenotipe dan lingkungan genetik yang berbeda dapat berdampak pada berbagai ukuran kesehatan.

 

3 dari 3 halaman

Mengapa Memperbanyak Buah Dapat Mengurangi Depresi

Alasan pasti mengapa makan lebih banyak buah di usia 40-an atau 50-an dapat meningkatkan kesehatan mental di usia tua masih belum jelas, kata Koh, namun ada banyak faktor yang mungkin berperan.

“Stres oksidatif dan peradangan saraf yang diakibatkannya adalah dua jalur utama [depresi],” katanya. Buah-buahan mempunyai manfaat untuk mencegah masalah ini.

“Buah-buahan umumnya mengandung antioksidan tingkat tinggi dan mikronutrien anti inflamasi, seperti vitamin C, karotenoid, dan flavonoid, dan nutrisi tersebut terbukti dapat mengurangi stres oksidatif dan menghambat proses inflamasi dalam tubuh.” Koh yakin ini adalah penjelasan yang paling mungkin atas temuan penelitian tersebut.

Sayuran, yang juga dievaluasi dalam penelitian ini, tidak memiliki dampak nyata terhadap depresi di kemudian hari—sebuah temuan yang mengejutkan para peneliti. Namun, Koh punya teori mengapa hal ini bisa terjadi. Meskipun sayuran juga kaya akan senyawa antioksidan, metode penyiapan khasnya dapat mengurangi dampak anti-inflamasinya. “Buah-buahan biasanya dimakan mentah sebagai camilan sepanjang hari, sedangkan sayur-sayuran biasanya dimasak untuk dimakan,” ujarnya.

“Memasak dikenal sebagai proses yang dapat mengubah bioavailabilitas dan aktivitas nutrisi dalam sayuran, sehingga membatasi efek perlindungan nutrisi terhadap depresi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.