Sukses

Manis tapi Rendah Kalori, Ini 6 Alasan Air Kelapa Muda Cocok Jadi Minuman Favorit

Siang yang panas seperti sekarang memang nikmat kalau minum air kelapa muda. Selain bikin nyes tenggorokan, minuman satu ini bermanfaat untuk tubuh lho.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir cuaca panas di siang hari, minum air kelapa muda bisa menjadi pilihan yang sangat menyegarkan. 

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa muda juga kaya akan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam menghidrasi tubuh. "Air kelapa mengandung elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang semuanya berfungsi untuk mengisi kembali nutrisi yang hilang," kata ahli gizi Maxine Smith. 

Enggak ada ruginya minum air kelapa muda. Berikut beberapa manfaat dari minum air kelapa muda mengutip Cleveland Clinic.

1. Sumber Cairan yang Baik

Air kelapa muda itu rendah kalori, namun kaya akan kalium, natrium, dan magnesium yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu menghidrasi tubuh, terutama setelah berolahraga," ungkap Smith.

Meskipun air kelapa memiliki manfaat, jangan lupakan pentingnya air putih.

2. Kaya Akan Kalium

Air kelapa mudah salah satu sumber kalium yang baik. Penelitian awal menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah pada individu yang mengalami hipertensi. Namun, jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk tekanan darah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai konsumsi air kelapa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Rendah Kalori

Menurut Smith, air kelapa muda mengandung sekitar 40 hingga 60 kalori dalam setiap 8 ons, yang berarti hanya setengah dari kalori yang ada dalam jus jeruk.

"Jika Anda menyukai rasanya, air kelapa bisa menjadi bagian dari pola makan yang sehat," tambahnya.

Selain itu, air kelapa juga bebas lemak dan kolesterol, dengan komposisi 94 persen air. Namun, pastikan saat minum air kelapa muda jangan ditambah gula atau pemanis lainnya. 

3 dari 4 halaman

5. Cegah Batu Ginjal

Untuk mencegah terjadinya batu ginjal, salah satu langkah yang penting adalah memastikan asupan cairan yang cukup, dan salah satu pilihan yang menyegarkan adalah air kelapa.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan pengeluaran kalium, klorida, dan sitrat dalam urine.

Jadi, jika dokter Anda merekomendasikan untuk menambah asupan kalium dalam diet Anda, air kelapa bisa menjadi pilihan yang sangat bermanfaat!

4 dari 4 halaman

6. Kulit Lebih Sehat

Air kelapa ternyata memiliki manfaat luar biasa dalam melawan jerawat berkat sifat antimikrobanya, seperti yang diungkapkan dalam sebuah studi pendahuluan pada tahun 2017. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa dapat memperkuat sistem antioksidan dalam tubuh kita dengan menetralkan dampak negatif dari radikal bebas. Jadi, tak hanya menyegarkan, air kelapa juga bisa menjadi teman baik bagi kulitmu!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini