Sukses

Perjalanan Kanker Kate Middleton, Berawal dari Operasi Perut hingga Selesai Kemoterapi

Begini perjalanan kanker Kate Middleton sejak terdiagnosis hingga selesai kemoterapi.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Kerajaan Inggris Kate Middleton menyampaikan kabar baik lewat video kebersamaan dirinya dengan Pangeran William dan ketiga anaknya.

Diunggah pada Senin, 9 September 2024 di akun media sosial @KensingtonRoyal, video singkat itu berisi pernyataan Kate selama berjuang melawan kanker yang diketahui publik diidap 9 bulan belakangan.

“Menjelang berakhirnya musim panas, saya tidak dapat memberitahu Anda betapa leganya saya akhirnya menyelesaikan pengobatan kemoterapi saya,” kata The Princess of Wales dalam video itu.

Bagi perempuan 42 tahun ini, masa sembilan terakhir adalah masa-masa yang berat. Tak cuma untuk dirinya tapi juga keluarga. 

“Sembilan bulan terakhir merupakan masa yang sangat sulit bagi kami sebagai sebuah keluarga. Kehidupan seperti yang Anda tahu dapat berubah dalam sekejap dan kita harus menemukan cara untuk melewati badai dan jalan yang tidak diketahui,” tambahnya.

Kondisi kanker Kate mulai diungkap ke publik pada Jumat, 22 Maret 2024 lewat sebuah video. Dalam video itu, Kate mengumumkan bahwa dirinya mengidap kanker meski tak disebutkan jenisnya apa.

Pernyataan ini muncul setelah masyarakat mempertanyakan keberadaan Kate yang tak terlihat di depan umum sejak Natal 2023.

Sebelum video itu dipublikasi, Istana Kensington mengabarkan bahwa sang putri telah menjalani operasi perut pada Januari 2024.

“Pada bulan Januari, saya menjalani operasi perut besar di London dan pada saat itu, kondisi saya dianggap non-kanker,” kata Kate dalam videonya.

“Operasinya berhasil. Namun, tes setelah operasi menemukan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis saya menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kanker, Ajarkan Kate Middleton untuk Lebih Bersyukur

Usai selesai menjalani pengobatan kemoterapi kanker, Kate mengatakan bahwa penyakit tersebut mengingatkan Kate dan sang suami untuk kembali bersyukur atas hal-hal sederhana dalam hidup.

“Kali ini terutama mengingatkan saya dan William untuk merenung dan mensyukuri hal-hal sederhana namun penting dalam hidup, yang sering kali dianggap remeh oleh banyak dari kita. Tentang sekadar mencintai dan dicintai.”

“Melakukan apa yang saya bisa untuk tetap bebas kanker kini menjadi fokus saya. Meskipun saya telah menyelesaikan kemoterapi, jalan saya menuju penyembuhan dan pemulihan penuh masih panjang dan saya harus terus menjalaninya setiap hari,” ujarnya.

3 dari 5 halaman

Kate Didiagnosis Saat Tren Kanker Memang Sedang Naik

Diagnosis kanker Kate saat itu bertepatan dengan peningkatan angka kanker yang mengkhawatirkan pada orang dewasa muda.

Kanker gastrointestinal, khususnya, meningkat paling cepat pada orang dewasa di bawah usia 50 tahun, sedangkan kanker payudara, tiroid, dan kolorektal adalah kanker yang paling sering didiagnosis.

Dalam laporan pada tahun 2024, American Cancer Society menyebutkan kalau kanker kolorektal sebagai kanker yang paling menonjol pada kelompok usia di bawah 50 tahun. Pasalnya, penyakit ini menyebabkan lebih banyak kematian dibandingkan sebelumnya.

Meskipun alasan mengapa penyakit ini meningkat pada orang muda masih belum jelas, para peneliti percaya bahwa kombinasi faktor gaya hidup, seperti mengonsumsi makanan olahan, kurang tidur, dan kurang berolahraga, mungkin berperan.

4 dari 5 halaman

Perkembangan Kesehatan Kate Middleton

Setelah mengumumkan dirinya didiagnosis kanker itu, Kate Middleton pun menjalani pengobatan dan rehat dari berbagai kegiatan kerajaan.

Pada Mei 2024, Pangeran William mengungkap kondisi istrinya. Kabar ini disampaikan William saat mengunjungi Kepulauan Scilly dalam perjalanan ke Cornwall. Saat tiba di Rumah Sakit Komunitas St Mary, pria 41 tahun itu berjumpa dengan anggota staf di sana. Anggota staf itu pun menanyakan kabar Kate Middleton serta putra putrinya.

Ayah tiga anak ini mengungkapkan bahwa Kate "baik-baik saja". William menambahkan bahwa ketiga buah hatinya yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis "sangat iri" dengan kunjungannya ke pulau-pulau di lepas pantai Cornish itu.

“Bolehkah saya bertanya bagaimana kabar Putri Kate?” kata perempuan paruh baya itu kepada William seperti terlihat dalam video singkat yang dibagikan Hello Magazine, dikutip Sabtu (11/5/2024).

“Dia baik-baik saja, terima kasih,” jawab William ramah.

“Baik, dan bagaimana keadaan anak-anak?”

“Anak-anak sangat iri saya ada di sini sementara mereka tidak,” jawab William.

5 dari 5 halaman

Kembali Tampil di Depan Publik

Pada Sabtu, 15 Juni 2024, Putri Wales kembali tampil di depan publik usai pengumuman diagnosis kanker.

Melansir PageSix, ia menghadiri perayaan Trooping the Colour 2024 di London, Inggris. Di parade ulang tahun tahunan Raja Charles III, wanita usia 42 ini terlihat mengenakan gaun mantel lengan panjang putih dengan pita hitam saat naik kereta kuda bersama anak-anaknya: Pangeran George (10), Putri Charlotte (9), dan Pangeran Louis (6).

Sebelum kehadirannya di acara tersebut, Kate sudah membuat pengumuman konfirmasi kehadiran lewat akun media sosial resmi pada Jumat, 14 Juni.

"Saya menantikan untuk menghadiri Parade Ulang Tahun Raja akhir pekan ini bersama keluarga saya dan berharap untuk bergabung dalam beberapa acara publik selama musim panas, tapi saya juga tahu bahwa saya belum keluar dari masalah (pengobatan kanker)," kata Kate dalam surat yang dirilis Istana Kensington.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.