Sukses

Jaga Imunitas dengan Asupan Vitamin C, Khususnya di Musim Penghujan

Makanan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga membantu seseorang terlindungi dari serangan penyakit karena sistem pertahanan tubuh yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh, terutama di musim hujan. Hal ini disampaika Guru Besar Pangan dan Gizi Isntitut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ali Khomsa.

"Jangan lupakan untuk selalu makan sayur dan buah, terutama yang kaya vitamin C," ujar Ali, dilansir ANTARA.

Hujan dengan curah tinggi terjadi di kawasan Jakarta dan sekitarnya selama beberapa hari belakangan. Perubahan cuaca ini berdampak pada daya tahan tubuh, membuat tubuh rentan akan berbagai gangguan kesehatan dan bisa menyebabkan menurunnya produktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu menurutnya penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara menjaga kesehatan di musim penghujan, khususnya menjaga asupan gizi setiap hari. Salah satunya dengan mengonsumsi buah dan sayur serta makanan yang mengandung vitamin C.

Ali mengatakan, makanan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga membantu seseorang terlindungi dari serangan penyakit karena sistem pertahanan tubuh yang kuat. Terutama saat musim hujan yang membuat seseorang lebih rentan mengalami keluhan kesehatan.

"Hal itu (masalah kesehatan) dapat dihindari kalau kita memiliki ketahanan tubuh yang baik, itu juga dicerminkan dari ragam pangan yang kita konsumsi," tuturnya.

Kandungan vitamin C bisa ditemukan pada beragam jenis sayur dan buah-buahan. Antara lain yakni jeruk, brokoli, stroberi, bayam, kiwi, melon dan lainnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Pola Makan Gizi Seimbang

Selain mengonsumsi vitamin C, Ali juga menyarankan masyarakat agar tetap memerhatikan pola makan sehat berdasarkan panduan Kementerian Kesehatan RI, yaitu terdiri atas karbohidrat, lauk-pauk (protein), sayuran, dan buah-buahan dalam jumlah cukup.

"Saat musim hujan, tetap perhatikan makanan kita agar memenuhi gizi seimbang," pesan dia.

"Intinya, keberagaman makanan yang kita konsumsi harus terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah dan itu akan mendorong kita untuk memperoleh kekebalan tubuh yang lebih baik," Ali mengimbuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini