Sukses

Tingkatkan Kekebalan Tubuh agar Tak Jatuh Sakit, Pastikan Konsumsi Buah dan Sayur

Beberapa hari hujan turun yang rentan membuat tubuh jatuh sakit. Guna mencegah hal tersebut guru besar IPB mengingatkan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang termasuk buah dan sayur.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari belakangan hujan turun  kawasan Jakarta dan sekitarnya. Perubahan cuaca tersebut membuat tubuh menjadi rentan jatuh sakit. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara menjaga kesehatan di musim penghujan, terutama menjaga asupan gizi setiap harinya.

Salah satunya dengan mengonsumsi beragam makanan termasuk buah dan sayur, serta makanan yang mengandung vitamin C seperti disampaikan Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ali Khomsan.

"Jangan lupakan untuk selalu makan sayur dan buah, terutama yang kaya vitamin C," kata Ali.

Makanan yang mengandung vitamin C, kata Ali, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga membantu seseorang terlindungi dari serangan penyakit karena sistem pertahanan tubuh yang kuat. Apalagi dalam kondisi seperti saat ini di mana hujan kerap turun.

"Hal itu (masalah kesehatan) dapat dihindari kalau kita memiliki ketahanan tubuh yang baik, itu juga dicerminkan dari ragam pangan yang kita konsumsi," kata Ali mengutip Antara.

Sumber Makanan Kaya Vitamin C

Kandungan vitamin C dapat ditemukan di berbagai jenis sayur serta buah-buahan. Antara lain jeruk, brokoli, stroberi, bayam, kiwi, melon, dan lainnya.

Selain vitamin C, Ali juga menyarankan agar masyarakat tetap memperhatikan pola makan sehat berdasarkan panduan Kemenkes RI, yaitu karbohidrat, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan dalam jumlah cukup.

"Intinya, keberagaman makanan yang kita konsumsi harus terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah dan itu akan mendorong kita untuk memperoleh kekebalan tubuh yang lebih baik," kata Ali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat adalah nutrisi penting bagi tubuh. Vitamin yang larut dalam air ini harus dikonsumsi setiap hari melalui makanan atau tambahan suplemen karena tubuh tidak dapat menyimpannya secara memadai.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C memiliki beberapa fungsi lain di dalam tubuh. Vitamin C membantu dalam sintesis dopamin dan norepinefrin yang memainkan peran penting dalam mengendalikan fungsi otak dan juga mengatur suasana hati.

Ini juga mencegah kekurangan zat besi dalam tubuh dengan memfasilitasi penyerapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini