Sukses

Mandi Sambil Tetap Pakai Lensa Kontak, Amankah untuk Kesehatan Mata?

Seorang selebgram mengalami kebutaan pada salah satu mata setelah mengalami infeksi mata karena mandi sambil tetap menggunakan lensa kontak.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian individu pengguna kacamata, mengenakan lensa kontak membantu aktivitas sehari-hari jadi tidak terlalu merepotkan. Namun, apakah mandi dengan tetap mengenakan lensa kontak tidak membahayakan kesehatan mata?

Selebgram sekaligus pemengaruh Rachel Prochnow sempat berbagi pada para pengikutnya pada 18 Juli lalu bahwa dia mengalami kebutaan pada salah satu mata setelah mengalami infeksi mata karena mandi sambil tetap menggunakan lensa kontak. Hal itu terjadi tahun lalu.

Dia harus menjalani transplantasi kornea untuk memulihkan penglihatannya.

Prochnow mengatakan dia mengidap keratitis Acanthamoeba—infeksi mata yang jarang namun serius yang disebabkan oleh amuba yang biasa ditemukan di air dan tanah—saat mandi di Austin, Texas. Unggahannya yang memperingatkan orang-orang tentang kondisi tersebut mendapatkan lebih dari 950.000 suka di Instagram.

“Acanthamoeba ada di setiap sumber air (kecuali air matang). Jadi Anda berisiko jika memakai lensa kontak dan air masuk ke mata Anda,” tulisnya.

“Itu adalah rasa sakit yang paling menyakitkan yang pernah saya bayangkan.”

Dalam postingannya, Prochnow mengatakan bahwa dia pikir dia telah mempraktikkan kebersihan lensa kontak yang baik—dia mencuci tangannya sebelum memegang lensa kontaknya, tidak pernah tidur di dalamnya, dan sering mengganti kotak kontaknya. Namun, dia mengatakan dia tidak pernah diperingatkan oleh dokter untuk tidak mandi, berenang, atau berendam di bak mandi air panas sambil memakai lensa kontaknya.

“Bahkan jika dia membersihkan lensanya sesuai anjuran, paparan air keran—yang dapat menampung Acanthamoeba—mungkin menyebabkan kontaminasi,” Annie Nguyen, MD, asisten profesor oftalmologi klinis di Keck Medicine of USC, mengatakan kepada Health.

“Organisme ini dapat menempel pada permukaan lensa dan menyebabkan infeksi, terutama jika ada kerusakan pada permukaan kornea, sehingga menimbulkan titik masuk.” 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lensa Kontak Dapat Membuat Orang Lebih Rentan terhadap Masalah Kesehatan Mata

Lensa Kontak Dapat Membuat Orang Lebih Rentan terhadap Masalah Kesehatan Mata

Air—baik dari pancuran, keran, atau kolam renang—dapat mengandung mikroorganisme berbahaya, termasuk Acanthamoeba. Dan siapa pun bisa terkena infeksi mata ketika air yang terkontaminasi ini masuk ke mata mereka, yang bisa terjadi saat mandi, berenang, atau menghabiskan waktu di bak mandi air panas.

Namun, pemakai lensa kontak mempunyai risiko yang sangat tinggi.

“Organisme ini dapat menempel pada lensa kontak, dan lensa dapat menjebaknya pada kornea, sehingga meningkatkan risiko infeksi,” jelas Nguyen.

“Lensa kontak juga mengganggu lapisan air mata alami, yang biasanya membantu melindungi kornea, membuat mata lebih rentan.”

Jika Acanthamoeba atau mikroorganisme berbahaya lainnya masuk ke mata, hal ini dapat menyebabkan keratitis.

“Keratitis adalah infeksi mata yang paling umum akibat penggunaan lensa kontak. Ini terjadi ketika kornea—jendela mata yang bening dan berbentuk kubah—terinfeksi. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat melukai kornea, sehingga memengaruhi penglihatan Anda,” kata Ami Vadada, MD, dokter mata di AdvantageCare Physicians di New York, kepada Health.

Khususnya dalam kasus keratitis Acanthamoeba, penyakit ini “dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, kehilangan penglihatan, dan bahkan kebutaan jika tidak ditangani dengan segera dan tepat,” tambah Nguyen.

 

3 dari 3 halaman

3 Risiko Kerusakan Mata

Selain Acanthamoeba, penderita juga dapat terkena keratitis akibat bakteri seperti Pseudomonas, yang juga dapat ditemukan di tanah dan air. Ada kemungkinan juga seseorang terkena infeksi jamur mata karena air yang terkontaminasi, meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Seseorang mungkin saja terkena keratitis kapan saja mereka mandi; Namun, menurut Nguyen, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi risiko kerusakan mata:

  • Jenis kontak. Lensa lunak mungkin memiliki risiko lebih tinggi karena lebih mudah menyerap air dan memerangkap mikroorganisme. Lensa kontak sekali pakai harian mungkin lebih aman dibandingkan lensa kontak dua mingguan atau bulanan.
  • Durasi pemakaian. Risiko meningkat semakin lama Anda memakai lensa, terutama di lingkungan seperti pancuran dimana Anda dapat bersentuhan dengan mikroorganisme.
  • Kualitas air. Jenis air itu penting; air yang tidak diolah atau diolah dengan buruk lebih mungkin menjadi sarang organisme berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini