Sukses

Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Bisa Turunkan Risiko Penyakit Diabetes, Stroke dan Jantung

Para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi kopi dan kafein pada semua tingkatan menurunkan risiko pengembangan CM [multimorbiditas kardiometabolik].

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru di Tiongkok menemukan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat menurunkan risiko pengembangan kombinasi diabetes, stroke, dan penyakit jantung yang dikenal sebagai multimorbiditas kardiometabolik.

Para peneliti menyimpulkan bahwa meminum tiga cangkir kopi setiap hari, atau 200-300 miligram kafein, dapat mengurangi kemungkinan tersebut lebih dari 40% dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum atau konsumen yang kurang minum kopi.

“Temuan ini menyoroti bahwa mendorong asupan kopi atau kafein dalam jumlah sedang sebagai kebiasaan makan bagi orang sehat mungkin memiliki manfaat luas dalam pencegahan [multimorbiditas kardiometabolik],” kata penulis utama studi Dr. Chaofu Ke dari Suzhou Medical College of Soochow Universitas.

Multimorbiditas kardiometabolik didefinisikan sebagai memiliki dua atau lebih penyakit kardiometabolik — diabetes tipe 2, penyakit jantung, atau stroke.

Sekitar 34 juta orang dewasa AS menderita CM pada tahun 2017, menurut data pemerintah.

Untuk penelitian ini, sekitar 360.400 penduduk Inggris berbagi asupan kafein, kopi, atau teh harian mereka.

Para peneliti melacak para peserta selama sekitar 12 tahun – sekitar 2.700 CM yang dikembangkan.

Tim mempelajari sampel plasma dari hampir 185.000 peserta, mengukur 168 metabolit plasma, yaitu molekul kecil yang diproduksi oleh sel yang terlibat dalam banyak reaksi metabolisme di seluruh tubuh.

Metabolit ini memberikan gambaran metabolisme kolesterol partisipan, komposisi asam lemak, dan proses lainnya. 

Para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi kopi dan kafein pada semua tingkatan menurunkan risiko pengembangan CM, dengan risiko terendah terkait dengan asupan moderat. Temuan ini dipublikasikan pada hari Selasa di Jurnal Endokrinologi & Metabolisme Klinis Masyarakat Endokrin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Identifikasi Berbagai Metabolit Terkait Kopi, Teh, dan Kafein

Ada beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, termasuk asupan kafein yang hanya diteliti terkait dengan kopi atau teh dan bukan minuman bersoda atau minuman berenergi.

Namun, para penulis mengatakan penelitian mereka mengidentifikasi “berbagai” metabolit yang terkait dengan kopi, teh, dan kafein, yang mungkin memberikan petunjuk tentang reaksi kimia di dalam tubuh.

“Penelitian di masa depan diperlukan untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang jalur dari asupan kopi, teh, dan kafein hingga metabolit yang bersirkulasi dan kemudian ke CM,” tulis para peneliti dalam temuan mereka.

Mereka mencatat bahwa kafein telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, ciri khas diabetes tipe 2, dan kolesterol berbahaya.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

 

3 dari 3 halaman

Efek Kafein pada Tubuh

Kopi dan teh juga merupakan sumber utama asam fenolik dan polifenol, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan resistensi insulin.

“Dari literatur sebelumnya, kita mengetahui bahwa kafein dalam jumlah sedang memiliki efek yang relatif netral terhadap penyakit kardiovaskular namun dapat melindungi terhadap diabetes,” kata Dr. Nisha Parikh, salah satu direktur Pusat Kesehatan Jantung Wanita di Institut Kardiovaskular Northwell, kepada Pos.

“Mengingat penelitian sebelumnya, saat ini saya memberi tahu pasien saya bahwa asupan kafein dalam jumlah sedang tidak menyebabkan aterosklerosis (atau penumpukan plak di pembuluh darah), hal ini dapat menyebabkan jantung berdebar, dan memiliki sedikit perlindungan terhadap diabetes,” tambah Parikh, yang tidak terlibat dalam studi baru.

Food and Drug Administration merekomendasikan tidak lebih dari 400 miligram kafein sehari untuk orang dewasa yang sehat.

Terlalu banyak kafein terbukti menyebabkan kegelisahan, pusing, gugup, sakit kepala, dan masalah kesehatan lainnya. Sementara itu, kafein yang terlalu larut di siang hari dapat menyebabkan masalah tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.