Sukses

4 Rahasia Madu, Minuman Surga yang Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Simak di Sini Rahasia Madu, Sumber Kesehatan yang Ditetapkan dalam Al-Qur'an. Rasullah Menerapkannya di Kehidupan Sehari-Hari

Liputan6.com, Jakarta - Madu, si manis yang berasal dari lebah, telah lama dikenal bukan hanya sebagai pemanis alami, tapi juga sebagai sumber kesehatan yang luar biasa. Dalam ajaran Islam, madu bahkan disebutkan dalam Al Quran, menjadikannya lebih dari sekadar makanan. 

Apakah Madu Disebutkan dalam Al Quran?

Madu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga memiliki makna spiritual yang mendalam, seperti dilansir dari Quran pada Sabtu, 21 September 2024. Dalam Surah An-Nahl, 68 dan 69, Allah SWT berfirman mengenai lebah dan manfaat madu:

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحْلِ أَنِ ٱتَّخِذِى مِنَ ٱلْجِبَالِ بُيُوتًۭا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

"Dan, Tuhanmu telah memberi wahyu kepada lebah: Jadikanlah bagimu rumah-rumah di gunung-gunung, di pohon-pohon, dan di tempat-tempat yang dibangun oleh manusia."

ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًۭا ۚ يَخْرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌۭ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٌۭ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَـَٔايَةًۭ لِّقَوْمٍۢ يَتَفَكَّرُونَ ٦٩

"Makanlah dari bunga apa saja yang kamu suka, dan turutilah jalan yang telah dimudahkan Tuhanmu bagimu. Dari perutnya keluar cairan yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berpikir."

Selain itu, madu juga digambarkan sebagai salah satu nikmat di Surga. Dalam Surah Muhammad, 15, Allah SWT menyebutkan sungai-sungai yang mengalirkan madu murni, menciptakan gambaran yang menggugah selera dan menambah keyakinan akan keberadaan kenikmatan yang abadi.

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَۗ فِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّىۗ وَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ ۝١٥

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Madu Dapat Mengobati Penyakit Apa?

Madu dikenal sebagai penyembuh alami untuk berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari madu yang patut dicatat:

  1. Sumber Energi Alami: Madu mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, menjadikannya sumber energi instan yang ideal.
  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Kandungan antioksidan dalam madu membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imun.
  3. Membantu Penyembuhan Luka: Madu memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah infeksi.
  4. Menjaga Kesehatan Jantung: Menurut artikel dari Healthline, yang telah ditinjau oleh ahli gizi Jerlyn Jones, MS MPA RDN LC CLT, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi madu dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Mengatasi Masalah Pencernaan: Madu juga berfungsi sebagai laksatif alami yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
3 dari 4 halaman

Apa Efek Samping Madu untuk Wajah?

Selain manfaat kesehatan, madu juga merupakan rahasia kecantikan, seperti dikutip dari Vogue. Menurut Dr. Kemi Fabusiwa dari National Health Service, madu sudah dikenal sejak 2000 Sebelum Masehi (SM) sebagai rahasia kecantikan kulit yang tak lekang oleh waktu.

Madu tidak hanya mengatasi jerawat, tapi juga menghidrasi kulit kering, menjadikannya kunci untuk kulit yang lebih sehat dan bercahaya. Dengan kandungan enzim alami yang melimpah, madu berfungsi sebagai humektan, artinya mampu menarik dan mengunci kelembapan secara efektif.

"Madu juga memiliki khasiat antibakteri alami yang ampuh melawan bakteri penyebab jerawat," ujar Dr. Fabusiwa.

Lebih dari itu, madu kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Dokter kulit dari California, Chris Tomassian, menambahkan bahwa madu juga dapat meredakan peradangan kulit berkat kandungan flavonoid yang dimilikinya.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Rasulullah Mengkonsumsi Madu?

Dalam Islam, tidak ada aturan ketat tentang pantangan makanan, tapi ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah dan kaya manfaat. Contohnya saja kurma dan air, yang sering disebut dalam banyak hadits sebagai makanan yang penuh khasiat.

Selain itu, menurut Halal N Tayyib Meats, Rasulullah juga merekomendasikan minyak zaitun, madu, jelai, dan susu. Semuanya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, dalam Al-Qur'an dijelaskan:

وَاِنَّ لَكُمْ فِى الْاَنْعَامِ لَعِبْرَةًۚ نُسْقِيْكُمْ مِّمَّا فِيْ بُطُوْنِهٖ مِنْۢ بَيْنِ فَرْثٍ وَّدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَاۤىِٕغًا لِّلشّٰرِبِيْنَ

"Kami memberimu minum dari apa yang ada di dalam perutnya - antara kotoran dan darah - susu murni, yang lezat bagi peminumnya." (Qur'an 16:66).

Makanan-makanan ini tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan spiritual kita. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini