Sukses

Apa Arti Mimpi Selingkuh? Begini Penjelasan Ahli

Jika seseorang bermimpi tentang selingkuh, apakah artinya dia ditakdirkan untuk selingkuh di dunia nyata?

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi kerap disebut sebagai bunga tidur, alias bukan kejadian yang sesungguhnya. Ada pula yang menganggap bahwa mimpi adalah proyeksi dari bawah sadar. Tak mengherankan jika kemudian mimpi membuat seseorang bertanya-tanya akan maknanya. Seperti misalnya bermimpi tentang selingkuh.

Jika seseorang bermimpi tentang selingkuh, apakah artinya dia ditakdirkan untuk selingkuh di dunia nyata? Belum tentu demikian. Namun, tetap penting untuk merenungkan apa arti mimpi tersebut, terlebih jika menimbulkan rasa tidak nyaman hingga stres.

Ahli bedah otak dan saraf di City of Hope di Los Angeles, AS, Dr Rahul Jandial mengatakan, mimpi selingkuh adalah hal biasa dan umumnya tak perlu dikhawatirkan.

"Mimpi erotis bersifat universal," kata Jandial, penulis “This Is Why You Dream: What Your Sleeping Brain Reveals About Your Waking Life."

Apakah mimpi selingkuh ada artinya?

Sekadar bermimpi tentang hubungan romantis atau seksual dengan orang lain selain pasangan bukan berarti Anda sedang menuju masalah, jelas Jandial.

Faktanya, survei terhadap orang-orang dari berbagai budaya menunjukkan bahwa sebagian besar orang bermimpi tentang perselingkuhan – baik mereka berada dalam hubungan yang sehat atau tidak.

“Saya tidak berpikir (bermimpi tentang selingkuh) merupakan pengungkapan hasrat terpendam,” kata Jandial.

"Saya pikir ini harus dilihat dalam konteks apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan nyata Anda."

Misalnya, jika Anda bermimpi tentang mantan, tetapi Anda sudah move on secara emosional, maka mimpi tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

“Tetapi jika Anda diam-diam memikirkan mantan kekasih Anda sepanjang hari dan Anda berfantasi tentang dia dan dia muncul dalam mimpi Anda,” tambahnya, “ya, itu lebih berhubungan secara langsung.”

Dan mimpi selingkuh belum tentu merupakan pertanda bahwa perselingkuhan benar-benar terjadi. “Fantasi kita di siang hari – bukan tindakan kita di siang hari – yang memenuhi mimpi erotis kita,” kata Jandial. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengapa saya bermimpi tentang perselingkuhan?

Salah satu penjelasan yang mungkin adalah Anda mengalami fantasi siang hari tentang perselingkuhan yang muncul kembali di malam hari saat Anda bermimpi, menurut Jandial.

Namun mengapa Anda bisa bermimpi selingkuh saat berada dalam hubungan yang sehat dan stabil?

“Itu pertanyaan yang sangat masif, dan saya rasa tidak ada orang yang bisa menjawabnya,” kata Jandial.

Salah satu teori, yang disebutnya "sangat hipotetis", berasal dari psikologi evolusioner dan menyatakan bahwa mimpi-mimpi tersebut mungkin merupakan manifestasi dari keinginan umum untuk bertahan hidup.

“Tindakan ingin dan berkembang biak secara luas inilah yang diperlukan sebagai suatu spesies,” kata Jandial.

Secara keseluruhan, tidak banyak penelitian terbaru yang mengamati korelasi antara perselingkuhan dalam mimpi dan kualitas hubungan di dunia nyata, kata Jandial.

Namun ada beberapa bukti bahwa mimpi tentang topik tertentu (seperti pertengkaran atau perselingkuhan), serta emosi tertentu (khususnya kecemburuan), dapat dikaitkan dengan peningkatan konflik antar pasangan di hari-hari berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini