Sukses

Hari Paru Sedunia 2024: Udara Bersih dan Paru Sehat untuk Semua

Setiap tanggal 25 September diperingati sebagai Hari Paru Sedunia. Pada Hari Paru Sedunia 2024 tema yang diangkat adalah Clean Air and Healthy Lungs for All

Liputan6.com, Jakarta - Hari Paru Sedunia atau World Lung Day diperingati setiap tanggal 25 September. Pada peringatan tahun 2024 tema yang diusung Clean Air and Healthy Lungs for All atau Udara Bersih dan Paru Sehat untuk Semua.

Ketua Majelis Kehormatan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Profesor Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan ada empat alasan utama tema Udara Bersih dan Paru Sehat untuk Semua Orang.

Pertama, di dunia setiap tahunnya ada 7 juta orang meninggal berkaitan dengan berbagai penyakit yang berhubungan dengan polusi udara. Mulai dari Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), kanker paru dan penyakit infeksi paru.

Kedua, udara yang tercemar adalah ancaman kesehatan universal.

"Hal akan berdampak pada kesehatan semua yang menghirupnya, dari bayi sampai lanjut usia," kata Tjandra dalam pesan tertulis yang diterima Liputan6.com ditulis Rabu, 25 September 2024.

Ketiga, data dunia menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen penduduk dunia hidup di daerah yang kadar polutannya melebihi standar sehat dari World Health Organization (WH0).

Keempat, peningkatan polusi udara dan juga ground-level ozone yang berhubungan dengan terbentuknya emisi gas rumah kaca (greenhouse gas emissions) akan memperburuk fungsi paru dan pernapasan, meningkatkan angka masuk rumah sakit karena sakit paru dan meningkatkan pula risiko kanker paru.

Kelima, perubahan cuaca (climate change) adalah salah satu pemicu utama polusi udara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Paru Sedunia

Melansir Pace Hospital, sejarah Hari Paru Sedunia bermula dari gagasan yang pertama kali dicetuskan saat pertemuan Majelis Kyoto FIRS 2016. Forum of International Respiratory Societiy adalah asosiasi masyarakat pernapasan internasional yang bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan paru-paru di seluruh dunia.

Organisasi FIRS memiliki sekitar 100.000 anggota, bersatu dan bekerja sama untuk misi FIRS dalam mempromosikan kesehatan paru di seluruh dunia melalui kolaborasi dengan organisasi global lainnya seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lewat peringatan Hari Paru Sedunia diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan aksi global untuk meningkatkan kesehatan paru.

3 dari 3 halaman

Mencegah Terkena Penyakit Paru

Mengingat ada banyak penyakit terkait paru, maka penting untuk Menjaga organ tubuh ini agar tetap sehat.

Penyakit paru dapat dicegah dengan mendeteksi dan mengobati penyebab utamanya sejak dini dan melakukan tindakan pencegahan berikut :

  • Tidak merokok
  • Menghindari paparan polutan udara dan bahan kimia tertentu
  • Tidak menjadi perokok pasif
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Melakukan pemeriksaan rutin (medical check up)
  • Aktif berolahraga
  • Mendapatkan vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini