Sukses

Bunda, Begini Cara Jaga Anak Tetap Sehat dan Tidak Dehidrasi di Tengah Cuaca Panas Membara

Dehidrasi bisa mengancam kesehatan anak! Pelajari bagaimana cara melindungi mereka dari bahaya cuaca panas.

Liputan6.com, Jakarta - Musim kemarau yang panjang kini melanda banyak daerah di Indonesia, dan suhu yang terus meningkat menjadi tantangan besar bagi kesehatan anak-anak.

Menurut dr. Ngabila Salama, MKM, seorang praktisi kesehatan masyarakat, anak-anak lebih rentan terkena penyakit seperti dehidrasi dan infeksi saat cuaca ekstrem. Karena itu, para orang tua harus lebih waspada dalam menjaga kesehatan anak mereka agar tetap aktif dan sehat di tengah suhu yang tidak bersahabat ini.

Apa Bahaya Dehidrasi pada Anak?

Pada suhu yang tinggi, tubuh anak-anak cenderung lebih mudah kehilangan cairan, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Tidak hanya itu, daya tahan tubuh mereka juga dapat menurun, membuat mereka lebih rentan terkena berbagai infeksi.

"Suhu tinggi dapat melemahkan daya tahan tubuh anak, sehingga penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan asupan nutrisi dan hidrasi yang memadai guna memperkuat sistem imun mereka," katanya seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 26 September 2024.

Bagaimana Menjaga Anak-Anak Tetap Aman Saat Cuaca Panas?

Agar anak tetap sehat di tengah cuaca panas, dr. Ngabila menyarankan pentingnya memberi anak makanan yang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, D, dan Zinc.

Buah-buahan seperti jeruk dan stroberi, serta sayuran hijau, sangat baik untuk menjaga imunitas anak tetap kuat. Jangan lupa, hidrasi yang cukup juga sangat penting.

"Pastikan anak-anak minum air putih yang cukup sepanjang hari, terutama jika mereka aktif bermain di luar ruangan," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gimana Caranya Biar Anak Tidak Gampang Sakit?

Di tengah musim kemarau, memberikan suplemen herbal juga dapat menjadi langkah efektif dalam menjaga kesehatan anak. Dr. Ngabila merekomendasikan penggunaan suplemen yang mengandung bahan alami seperti meniran dan temu lawak, yang dikenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

"Produk suplemen herbal dapat membantu memperkuat imunitas anak. Namun, pastikan sesuai dosis yang dianjurkan dan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu," katanya.

Sebagai solusi untuk menjaga kesehatan anak di tengah cuaca ekstrem, Oxyvit Kidz hadir dengan kandungan Meniran yang diolah dengan teknologi AFT (Advanced Fractionation Technology).

Kandungan Phynurin yang terdapat di dalamnya bekerja cepat diserap tubuh dan berfungsi sebagai immunomodulator, yang membantu mengoptimalkan kerja sistem imun alami anak.

 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Agar Anak Selalu Sehat?

Selain memberikan asupan nutrisi dan suplemen yang tepat, dr. Ngabila juga memberikan beberapa tips praktis lainnya untuk menjaga anak tetap sehat selama musim kemarau. Di antaranya adalah:

  1. Berikan makanan segar dan bergizi
  2. Jaga hidrasi optimal
  3. Istirahat yang cukup
  4. Lindungi dari paparan sinar matahari langsung

Dengan langkah pencegahan yang tepat, orang tua dapat memastikan anak tetap sehat dan aktif meskipun suhu terus meningkat.

"Yang terpenting adalah kombinasi nutrisi yang baik, hidrasi yangcukup, dan dukungan dari suplemen herbal. Dengan begitu, anak-anak dapat tetap sehat dan aktif meskipun cuaca sedang panas," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.