Sukses

Optimalkan Kebersihan Gigi, Kenali Tanda Anak Sudah Bisa Pakai Mouthwash

Selain orang dewasa, anak juga sudah boleh menggunakan mouthwash usai menggosok gigi. Namun, hanya berlaku pada anak yang sudah bisa berkumur.

Liputan6.com, Jakarta Mouthwash atau cairan kumur pencuci mulut bisa digunakan sesudah menyikat gigi untuk membantu mengoptimalkan kebersihan area gigi terutama yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

"Mouthwash itu membantu membersihkan area gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi termasuk gigi area belakang," kata dokter gigi Kalia Labitta.

Mouthwash juga bisa membantu untuk memperkuat lapisan terluar gigi. Serta membantu mencegah agar plak tidak menempel pada gigi sehingga bau mulut tidak muncul.

Selain orang dewasa, anak juga sudah bisa boleh menggunakan mouthwash usai menggosok gigi. Namun, Kalia mengatakan hal ini berlaku pada anak di atas dua tahun dan anak yang sudah mampu berkumur.

"Maka itu orangtua harus memahami apakah anak sudah bisa berkumur dengan mouthwash atau belum," kata Kalia.

Untuk mengetahui hal tersebut bisa dilakukan dengan mengajak anak berkumur menggunakan air putih terlebih dahulu selama 30 detik lalu buang.

Mengingat anak itu peniru ulung maka orangtua perlu mencontohkan cara berkumur di depan anak. Hal itu memudahkan anak untuk meniru cara berkumur.

"Kalau orangtua sudah melihat anak sudah mampu berkumur menggunakan air putih baru mulai berkumur menggunakan mouthwash," saran Kalia ditemui di BSD, Tangerang Selatan. 

"Orangtua harus yakin anak sudah ready ya," tegasnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Berkumur Menggunakan Mouthwash

Kalia mengatakan untuk mendapatkan hasil optimal dari penggunaan mouthwash maka digunakan untuk berkumur selama 30 detik lalu buang.

"Kalau sedikit-sedikit tertelan enggak apa tapi kalau tiap hari ada yang tertalan tentu tidak baik ya. Jadi pastikan mouthwash itu usai berkumur untuk dibuang," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Mouthwash yang Aman untuk Anak

Di kesempatan yang sama, Buds Organics meluncurkan mouthwash untuk anak-anak di atas tiga tahun yang sudah tersertifikasi organik dari Ecocert.

"Bahan-bahan yang terkandung dalam mouthwash dari Buds Organics ini organik dan sudah tersertifikasi Ecocert sehingga aman untuk anak-anak," kata Blenda Ticoalu, Director PT Inti Berkat Jaya distributor resmi Buds Organics di Indonesia dalam peluncuran Buds Organics for Kids.

Ada tiga kandungan utama dari mouthwash Bud's Organic:

  • Prebiotik - Mencegah pertumbuhan bakteri jahat penyebab bau mulut
  • Sugar caneMelindungi gusi dengan antioksidan alami
  • Xylitol and Flouride- Kandungan dini sesuai dengan anjuran WHO yang membantu mencegah gigi berlubang dan menguatkan enamel gigi.

 Buds Organics mouthwash terdiri dari dua varian rasa: fresh mint dan green apple yang segar. 

"Dengan rasa itu anak jadi senang pakai karena wangi aromanya," tambah Stella Liana, Brand Supervisor PT Inti Berkat Jaya di kesempatan yang sama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.