Sukses

Pria Mimpi Hamil, Apa Artinya Menurut Pandangan Islam?

Tak hanya wanita, pria juga bisa mimpi hamil, begini artinya menurut pandangan tokoh Islam.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan adalah hal yang didambakan sebagian perempuan terutama yang belum kunjung diberi momongan meski sudah menikah lama.

Dalam menantikan kehadiran sang buah hati, ada pula yang dambaannya terbawa hingga ke alam mimpi. Dalam Islam, mimpi hamil dapat memiliki arti tersendiri.

Menurut Ibnu Syahin dalam kitab al-Isyarat Fi Ilmi al-'Ibarat halaman 234, mimpi hamil memiliki beragam makna, tergantung pada siapa yang mengalaminya dan detail mimpinya.

Menurut Abu Said al-Wa'iz, mimpi hamil bagi wanita menandakan bertambahnya kekayaan. Interpretasi ini umumnya sejalan dengan pendapat lain yang menyatakan bahwa mimpi hamil melambangkan nikmat dan kekayaan duniawi.

“Semakin besar perut dalam mimpi, semakin besar pula nikmat dan kekayaan yang akan diperoleh,” mengutip tulisan pegiat kajian islam Zainuddin Lubis dalam NU Online, Senin (30/9/2024).

Mimpi hamil juga bisa dialami oleh pria. Jika pria mimpi hamil maka arti mimpinya berbeda dengan wanita.

Mimpi hamil bagi pria diinterpretasikan sebagai pertanda kesedihan oleh Abu Said al-Wa'iz. Namun, interpretasi ini tidak selalu berlaku.

Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa mimpi hamil bagi pria juga dapat menandakan keinginannya untuk mendapatkan sesuatu dari dunia.  

Anak laki-laki yang belum baligh pun bisa bermimpi hamil, mimpi tersebut ditafsirkan berkaitan dengan ayahnya. Sedangkan, jika anak perempuan yang belum baligh bermimpi hamil, mimpi tersebut ditafsirkan berkaitan dengan ibunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mimpi Hamil Disebut Tanda Bertambahnya Kekayaan

Tokoh lain, Al-Kirmani menafsirkan mimpi hamil sebagai pertanda bertambahnya kekayaan.

Mimpi seorang pria melihat istrinya hamil menandakan keinginannya untuk mendapatkan sesuatu dari dunia. Pada umumnya, mimpi hamil bermakna positif bagi pria maupun wanita, dalam situasi apapun.

“Sedangkan, mimpi melihat hewan hamil menandakan kebaikan dan manfaat, terutama jika hewan tersebut disukai,” (Ibnu Syahin, al-Isyarat Fi Ilmi al-'Ibarat, [Beirut: Darul Kutub 'Ilmiyah, tt] halaman 234).  

3 dari 4 halaman

Pendapat Lain

Sementara itu, menurut Ibnu Ghanam al-Muqaddasi dalam kitab Ta'biril Ahlam halaman 85, bagi laki-laki, arti mimpi hamil menandakan kesedihan dan kekhawatiran yang tersembunyi dari orang lain.

Hal ini bisa jadi karena beban pekerjaan, masalah keluarga, atau kekhawatiran akan masa depan.   Sementara itu, bagi perempuan, arti mimpi hamil memiliki makna yang berbeda. Ini menandakan ketekunan dalam mengurus rumah tangga dan mendapatkan harta, kehormatan, dan pujian.

Mimpi ini bisa menjadi pertanda bahwa si pemimpi akan mendapatkan hasil dari kerja kerasnya

Di sisi lain, bagi perempuan tua, mimpi hamil menandakan akan datang kapal yang membawa banyak muatan. Ini bisa diartikan sebagai pertanda bahwa si pemimpi akan mendapatkan banyak rezeki. Ada juga yang menafsirkan mimpi ini sebagai gudang senjata, karena kehamilan pada perempuan tua dapat menjadi pertanda fitnah.  

“Sedangkan, arti mimpi hamil bagi perempuan yang tidak bersuami dan gadis, itu menandakan ia akan menikah, karena kehamilan tidak terjadi kecuali dari laki-laki,” (Ibnu Ghanam al-Muqaddasi, Ta'biril Ahlam [Beirut; Kitab Nasyir, tt], halaman 85).  

4 dari 4 halaman

Arti Mimpi Hamil dalam Psikologi

Sedangkan menurut ilmu psikologi, mimpi tentang kehamilan berhubungan dengan emosi sang pemimpi yang selama ini tidak disadarinya.

Melansir dari Women's Health, profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine, Rafael Pelayo, MD menjelaskan arti mimpi hamil besar berhubungan dengan otak mengatur ulang ingatan dan emosi.

"Hal-hal yang membuat sang pemimpi tertawa, dan terutama hal-hal yang membuat sang pemimpi takut, otak harus mengambil informasi baru ini dan menghubungkannya dengan ingatan sebelumnya yang dimiliki," jelas Dr. Pelayo.

Mimpi hamil besar menurut psikologi juga dihubungkan dengan keinginan hamil, rasa takut hamil, mengingat kehamilan di masa lalu, menggambarkan pekerjaan baru, dan lelah dengan seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.