Sukses

Penggemar Sate Padang dengan Kolesterol Tinggi Wajib Baca Ini!

Kamu penggemar sate Padang? Jangan lewatkan informasi penting ini jika kamu penderita kolesterol tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang bisa menolak kelezatan sate Padang? Hidangan khas Sumatera Barat ini begitu menggoda dengan cita rasanya yang kaya akan rempah dan daging yang empuk.

Tidak hanya digemari oleh masyarakat lokal, turis asing pun jatuh cinta pada kelezatan kuliner ini. Namun, di balik kenikmatannya, ada satu pertanyaan penting, apakah penderita kolesterol boleh makan sate Padang?

Sate Padang Isinya Apa Saja?

Sate Padang terbuat dari berbagai potongan daging sapi, lidah, dan jeroan seperti usus, hati, hingga jantung. Nah, bahan-bahan inilah yang perlu kamu waspadai jika memiliki kolesterol tinggi.

Kenapa? Jeroan dikenal sebagai sumber kolesterol yang cukup tinggi. Menurut data, 100 gram otak sapi yang dimasak mengandung 2.000 miligram kolesterol, sementara ginjal dan hati masing-masing mengandung 716 miligram dan 381 miligram kolesterol per 100 gram, seperti dilansir dari Healtline pada Senin, 30 September 2024.

Jika dibandingkan dengan batas asupan kolesterol harian yang disarankan, yaitu 300 miligram, kandungan kolesterol dalam jeroan yang digunakan di sate Padang jelas jauh melebihi batas aman.

Apakah Kolesterol Hanya Dari Makanan?

Meski jeroan mengandung kolesterol tinggi, sebagian besar kolesterol dalam tubuh sebenarnya diproduksi oleh hati. Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk berbagai fungsi penting, seperti membangun dinding sel dan memproduksi hormon.

Namun, jika kadar kolesterol dalam darah meningkat terlalu tinggi, risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke, juga ikut meningkat.

Perlu diingat, bukan hanya kolesterol dari makanan yang perlu diperhatikan, tapi juga lemak jenuh dan lemak trans.

Kedua jenis lemak ini bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Makanan yang digoreng atau berlemak, seperti jeroan dalam Sate Padang, bisa memperburuk kadar kolesterol dalam darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Efek Samping Jeroan?

Penelitian tentang hubungan antara kolesterol makanan dan penyakit jantung masih menunjukkan hasil yang bervariasi. Beberapa studi menunjukkan bahwa kolesterol makanan tidak secara langsung meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa yang sehat.

Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa asupan kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, terutama pada orang yang sudah memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi.

Bahkan, American Heart Association merekomendasikan penderita kolesterol tinggi atau mereka yang berisiko penyakit jantung untuk membatasi konsumsi makanan tinggi kolesterol, termasuk jeroan dalam Sate Padang.

 

3 dari 3 halaman

Apakah Semua Orang Berisiko Sama?

Tidak semua orang bereaksi sama terhadap kolesterol makanan. Sekitar 1 dari 4 orang cenderung lebih sensitif terhadap kolesterol dalam makanan, yang artinya kadar kolesterol mereka bisa melonjak setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol. Jadi, jika kamu salah satunya, mengonsumsi Sate Padang bisa menjadi pemicu peningkatan kolesterol yang berbahaya.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini