Sukses

Gaya Hidup Modern yang Serba Cepat Bisa Berdampak pada Kesehatan Lambung, Penting Kelola Stres

Banyak individu menghadapi masalah kesehatan lambung serius akibat gaya hidup modern yang serba cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup modern yang serba cepat bisa berdampak terhadap kesehatan lambung. Hal ini disampaikan praktisi kesehatan masyarakat dr Ngabila Salama, MKM.

Menurutnya, banyak individu menghadapi masalah kesehatan lambung serius akibat gaya hidup modern yang serba cepat.

"Di tengah gaya hidup modern yang serba cepat, banyak individu menghadapi masalah kesehatan lambung yang serius, dengan kondisi seperti mual, perut kembung, dan gastritis menjadi yang paling umum," ujar Ngabila, Jumat, dilansir ANTARA.

Kebiasaan makan yang tidak teratur, stres, dan kurang perhatian pada pola makan sehat jadi faktor utama yang memperburuk masalah ini, menurutnya.

Oleh karena itu, Ngabila mengingatkan, penting bagi masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan lambung dan mengenali tanda-tanda awal gangguan pencernaan.

Sebagai solusi, Ngabila mengatakan, perubahan gaya hidup yang sederhana namun efektif bisa membantu meredakan gejala gangguan lambung.

Pertama, penting untuk dilakukan adalah mengatur pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah dan sayur, serta menghindari makanan pedas serta berlemak.

Praktik mindfulness dan teknik relaksasi juga dapat membantu mengurangi stres yang berkontribusi terhadap gangguan lambung.

Di samping itu, Ngabila menambahkan, obat alami bisa ikut berperan dalam meredakan gangguan lambung dan perut kembung secara efektif.

Rempah seperti jahe dan peppermint terbukti berkhasiat antiinflamasi dan membantu meredakan gejala tersebut. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat mengurangi mual pada pasien yang mengalaminya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Alami untuk Dukung Kesehatan Lambung

Menurut dia mengintegrasikan solusi alami ini ke dalam rutinitas harian tidak hanya mendukung kesehatan lambung, tetapi juga memberikan alternatif yang lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

"Dengan langkah-langkah ini, kita dapat lebih baik dalam menjaga kesehatan lambung di tengah kesibukan hidup sehari-hari," ujarnya.

Suplemen herbal yang bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan lambung adalah yang mengandung jahe emprit, khususnya yang dibuat dengan metode AFT (Advanced Fractionation Technology), yang merupakan teknologi ekstraksi bertingkat. 

Suplemen herbal dengan kandungan rempah jahe tersebut bisa meredakan mual. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini