Sukses

Marissa Haque Meninggal Dunia, Anak: Ibu Cuma Mau Dimakamkan di Tanah Kusir

Anak Marissa Haque, Chiki Fawzi, mengatakan bahwa sang ibunda sempat meminta agar dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Permintaan sang ibunda pun terwujud, rencananya nanti sore Marissa Haque dimakamkan di Tanah Kusir.

Liputan6.com, Jakarta Anak dari Marissa Haque, Marsha Chikita Fawzi atau Chiki Fawzi mengatakan bahwa semasa hidup sang ibunda pernah mengatakan bila nanti meninggal hanya mau dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

"Ibuku cuma mau dimakamin di Tanah Kusir," kata Chiki dalam unggahan Instagram Stories pada Rabu, 2 Oktober 2024 usai mengabarkan sang ibunda Marissa Haque meninggal dunia.

Dalam unggahan yang sama tadi pagi Chiki juga mengatakan bahwa tidak tahu tata cara mengurus pemakaman di TPU Tanah Kusir. Namun, dirinya dan keluarga teramat sangat ingin mewujudkan keinginan Marissa Haque. 

"Instagram, Please do your magic. Mau beri yang terbaik buat ibu. Aku harus apa harus hubungi apa," kata Chiki lagi.

Permintaan Marissa Haque Terwujud

Permintaan Marissa Haque semasa hidup terwujud. Berdaarkan papan informasi di rumah duka, rencananya jenazah istri dari Ikang Fawzi itu dimakamkan di TPU Tanah Kusir Blok A1 Blad 36 pada Selasa, 2 Oktober 2024.

Tertera di papan pengumuman bahwa jjenazah bakal dimakamkan pada bada Ashar seperti keinginan sang suami, Ikang Fawzi

Namun, menurut sang adik Soraya Haque, belum dapat memastikan pemakaman jenazah Marissa Haque akan dilakukan ba'da Zuhur atau Ashar nanti. 

"Pemakaman masih antara apakah bada Ashar atau bada Zuhur, karena Ikang mintanya ba'da Ashar supaya masih bisa berdekatan dengan istrinya. Tapi kami menyarankan ba'da Zuhur, disalatkan di masjid dekat rumah setelah itu dimakamkan. Tapi semua keputusan di Ikang karena dia adalah orang yang paling dekat dengan kakak saya," jelasnya mengutip Showbiz Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Marissa Haque Meninggal Dunia

Kabar duka menyelimuti keluarga Haque. Pada Rabu, 2 Oktober 2024 pukul 00.43 WIB, Marissa Grace binti Allen Haque atau Marissa Haque meninggal dunia pada usia 61 tahun.

Marissa meninggalkan suami Ikang Fawzi dan dua putri bernama Isabella Muliawati Fawzi dan Marsha Chikita Fawzi.

Semasa hidup, Marissa dikenal publik karena aktingnya dalam banyak film. Marissa memulai karirnya sebagai aktris film, debut di layar lebar melalui film “Kembang Semusim” pada tahun 1980. Ia juga aktif dalam dunia musik dan tari. 

 Selain di dunia hiburan, nama Marissa Haque juga dikenal karena terjun di dunia politik. Marissa memasuki dunia politik sebagai anggota DPR pada tahun 2004 dari PDIP mewakili daerah pemilihan Jawa Barat II. Lalu, ia sempat juga bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lalu Partai Amanat Nasional (PAN) pada tahun 2012.

3 dari 4 halaman

Meninggal Tanpa Ada Riwayat Sakit

Soraya Haque selaku adik Marissa Haque mengatakan, sepengetahuannya tidak ada riwayat penyakit yang diderita mendiang sebelum meninggal. Bahkan, Marissa Haque masih aktif berkegiatan.

"Tidak (ada tanda), tidak ada sama sekali. Tidak ada tanda apa-apa," ujar Soraya Haque kepada wartawan di rumah duka.

Menurut pemaparan keluarga, usai tubuh Marissa Haque tidak bergerak dan diputuskan dibawa ke rumah sakit guna memastikan kondisinya.

"Untuk memanggil dokter ke rumah di tengah malam hari itu sepertinya tidak mungkin. Jadi mereka bawa ke rumah sakit untuk memastikan kondisi terakhirnya," kata Soraya Haque.

4 dari 4 halaman

Ikang Fawzi dan Anak-Anak Perlu Dikuatkan

Kepergian Marissa Haque untuk selamanya tanpa tanda-tanda membuat kaget keluarga. Soraya mengatakan bahwa  keluarga besar berusaha menguatkan Ikang Fawzi dan anak-anak atas duka ini.

"Saya lihat Ikang, dan anak-anak perlu untuk dikuatkan, karena memang kepergiannya itu tanpa sakit. Kemudian juga tanpa ada tanda apa pun. Saya pikir mungkin ini sesuatu yang sifatnya sangat cepat," ucap Soraya Haque.