Sukses

Anak di Bawah 12 Tahun, Tak Dianjurkan Pakai Pasta Gigi Dewasa

Dan anak yang berusia di bawah 12 tahun, tidak dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi orang dewasa. Mengapa demikian?

Kenapa produsen pembuat sikat gigi membuat produk yang berbeda untuk orang dewasa dan anak-anak? Itu karena anak yang berusia di bawah 12 tahun, tidak dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi orang dewasa. 

Menurut Periodontist Universitas Indonesia, drg. Dedy Yudha Rismanto, SpPerio, semua bahan yang terdapat di pasta gigi diproses secara kimiawi dan jika salah dalam menggunakannya akan berdampak pada pencernaannya.

"Di masing-masing individu, apabila sampai itu tertelan akan mengalami gangguan seperti itu. Sehingga kalau anak di bawah usia 12 tahun, takut terjadinya kekhawatiran yang sama, maka sebaiknya dihindari," kata Yudha kepada Liputan6.com yang ditulis Senin (29/4/2013)

Jika memang di masing-masing rumah tidak tersedia pasta gigi khusus anak-anak, tambah Yudha, sang anak boleh menggunakan pasta gigi yang biasa digunakan oleh orang tuanya.

"Tidak masalah,  tapi beberapa catatan harus diperhatikan. Yaitu, orang tua yang harus menyikati gigi anaknya," ujar dokter berkacamata ini.

Tidak hanya itu, selesai anak menyikat giginya, kalau bisa hendaklah jangan disuruh berkumur-kumur. Ada baiknya dibilas saja, untuk mencegah pasta gigi tertelan.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.