Sukses

Nyeni dan Suka Ngopi? Siap-Siap, Ada Kompetisi Latte Art di FLEI Business Show 2024

Pameran Franchise & Lisensi Expo Indonesia 2024 bekerja sama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) menggelar Kompetisi Championship Latte Art.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, industri kopi di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat yang ditandai dengan semakin banyaknya kafe dan kedai kopi yang menjamur di berbagai kota besar hingga kota-kota kecil. Budaya minum kopi kini tak hanya menjadi rutinitas harian, tetapi juga gaya hidup yang melekat di kalangan masyarakat urban.

Selain perkembangan usaha kopi, latte art menjadi salah satu fenomena yang menarik perhatian, terutama di kalangan barista dan penggemar kopi. Latte art adalah teknik seni yang menggunakan susu yang dikocok hingga berbuih untuk membuat pola di atas kopi espresso, menghasilkan berbagai bentuk yang artistik seperti hati, rosetta, hingga gambar hewan atau karakter lucu.

Tren ini kian populer karena dianggap sebagai bentuk kreativitas dan keahlian barista dalam menyajikan kopi, sehingga minum kopi menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan visual. Banyak konsumen yang tertarik dengan latte art, tak hanya untuk dinikmati tetapi juga untuk diabadikan dan dibagikan di media sosial.

Menangkap fenomena tersebut, FLEI Business Show 2024 pun memasukkan kompetisi menghias kopi skala nasional ke dalam salah satu programnya. Pameran Franchise & Lisensi Expo Indonesia ini bekerja sama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) menggelar Kompetisi Championship Latte Art.

Kompetisi latte art ini akan menjadi ajang bagi para barista berbakat dari seluruh Indonesia guna unjuk kehalian dalam seni latte, memperkuat daya tarik industri kopi yang semakin berkembang di Tanah Air. 

 

 

2 dari 3 halaman

Upaya Dorong Pertumbuhan Ushaa Domestik

Ketua Umum WALI dan Wakil Ketua KADIN Levita Ginting Supit mengatakan acara seperti FLEI Business Show penting dalam mendorong pertumbuhan usaha domestik.

"Acara ini memberikan peluang besar bagi sektor waralaba dan lisensi untuk berkontribusi pada perekonomian nasional. Sektor makanan dan minuman yang didominasi generasi muda, menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tertinggi," ujar Levita dalam konferensi pers di Jakarta, 2 Oktober 2024.

Burang Riyadi dari Franchise Academy Indonesia menambahkan, "Dengan pemulihan ekonomi di sektor seperti akomodasi, restoran, dan layanan bisnis pasca-pandemi, peluang ekspansi melalui waralaba semakin besar. Waralaba telah terbukti menjadi model bisnis yang tangguh, terutama di sektor makanan dan minuman, yang terus mengalami permintaan tinggi."

 

3 dari 3 halaman

Program Menarik di FLEI Business Show 2024

Kompetisi latte art menjadi satu dari empat program yang dirancang guna mendukung pertumbuhan bisnis dan investasi melalui FLEI Business Show 2024 pada 25-27 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center. Adapun ketiga program lainnya yaitu:

1. Hosted Buyer Program Internasional yang membuka peluang bagi para pelaku bisnis dan inestor, mempertemukan lebih dari 20 investor internasional dengan bisnis dan exhibitor lokal.

2. Platform edukasi melalui FLEI Business Conference dan Coaching yang dirancang guna membantu pengunjung memahami tren waralaba, mengevaluasi peluang bisnis, serta memberi bekal strategi yang tepat dalam membangun dan mengembangkan bisnis waralaba atau kemitraan.

3. International Exhibitors dari Malaysia dan Korea ditujukan memperluas ragam bisnis serta peluang investasi lintas negara.