Sukses

AHY Lulus Doktor dengan Predikat Cumlaude: Saya Dedikasikan untuk Ibu Ani

AHY meraih gelar doktor usai menyelesaikan pendidikan 3 tahun 1 bulan. Ia lulus dengan predikat cumlaude dalam sidang ujian terbuka.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Senin, 7 Oktober 2024 meraih gelar doktor Program Studi Pengembangan SDM Universitas Airlangga.

AHY meraih gelar doktor usai menyelesaikan pendidikan 3 tahun 1 bulan 2 hari. Ia lulus dengan predikat cumlaude dalam sidang ujian terbuka.

"Saudara dinyatakan doktor lulusan Universitas Airlangga yang excellent with morality," kata Rektor Unair Profesor Mohamad Nasih kepada AHY.

Usai Rektor Unair secara resmi menyatakan AHY meraih gelar doktor, pria 46 tahun itu pun mengungkapkan rasa lega telah berhasil menyelesaikan studi S3. Ia mempersembahkan gelar doktor itu untuk sang ibunda, Ani Yudhoyono, yang telah berpulang ke pangkuan Tuhan.

"Ini sebuah pencapaian akademik, tapi juga lebih personal karena ini merupakan wasiat terakhir ibu Ani Yudhoyono," kata AHY dalam video live Youtube Unair. 

AHY mengatakan bahwa sebelum ibunya meninggal dunia sempat berharap agar dirinya bisa kembali meraih gelar pendidikan. Hal tersebut lantaran karier AHY di dunia militer di tingkat mayor kemudian memutuskan keluar untuk terjun di dunia politik.

"Waktu itu sering diledek 'Ah mayor, hanya mayor, tentara baru kemarin dan sebagainya' tapi saya teguh dalam panggilan," kata AHY.

Dorongan sang ibu agar AHY kembali sekolah pun membuat semangat ayah satu anak itu membara untuk mengambil gelar doktor tiga tahun lalu.

Lewat kerja keras, ia telah menyelesaikan disertasi berjudul "Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045".

"Saya mendedikasikan ini untuk almarhumah Ibu Ani Yudhyono," kata AHY.

"Semoga ibu tenang dan tersenyum bahagia, saya merasakan itu," katanya lagi.

2 dari 2 halaman

SBY Hadiri Ujian Sidang Terbuka AHY

Presiden keenam Indonesia yang juga ayah dari AHY, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut hadir dalam ujian sidang terbuka putra pertamanya.

Tampak istri AHY, Annisa Pohan juga turut menyaksikan suaminya menjalani sidang hingga akhirnya dinyatakan lulus. 

Dukungan sang adik Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri juga sepenuhnya diberikan ke sang kakak dengan turut hadir. 

Video Terkini