Sukses

AHY Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude dari Unair, Rektor: Ini Doktor Beneran Ya

Rektor Unair menyatakan bahwa AHY benar telah menyelesaikan pendidikan doktor di prodi Pengembangan SDM Unair dalam waktu 3 tahun 1 bulan.

Liputan6.com, Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meraih gelar doktor dari Universitas Airlangga setelah menjalani ujian doktor terbuka pada Senin, 7 Oktober 2024.

"Agus Harimurti Yudhoyono telah menyelesaikan pendidikan doktor dalam Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia serta dinyatakan lulus dalam waktu masa studi 3 tahun 1 bulan 2 hari dengan predikat cumlaude," kata pimpinan sidang Rektor Unair Profesor Moh Nasih.

"Kepadanya diberikan hak untuk menggunakan gelar doktor," lanjut Moh Nasih.

Usai menyampaikan hal tersebut Moh Nasih mengungkapkan bahwa gelar doktor yang diraih AHY adalah sungguhan.

"Ini doktor beneran ya," lanjut Moh Nasih dalam siaran langsung di Youtube Unair. 

"Maksudnya bukan doktor universal apa... universal studio ya kan, ada perguruan tinggi universal studio," katanya sambil tersenyum.

Moh Nasih mengatakan bahwa AHY adalah doktor ke 88 dari Prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga. 

Dalam ujian doktor terbuka, AHY menjelaskan tentang disertasinya yang berjudul "Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045". Dalam ujian doktor terbuka itu AHY mengutarakan bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah dan sumber daya manusia yang secara kuantitas banyak. Namun, angka kelas menengah baru 17,13 persen. Padahal Bappenas memprediksi Indonesia memiliki kelas menengah 80 persen dan menempatkan Indonesia menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor lima terbesar di dunia pada 2045.

"Namun, ada gap yang cukup besar antara kondisi hari ini dengan proyeksi tadi," kata AHY.

Untuk mengurangi gap kondisi sekarang dengan proyeksi pada 2045 ia kemudian mengacu pada kajian yang dilakukan McMillan pada 2017. Salah satunya yang membahas bahwa agenda transformasi ekonomi sebuah negara bisa dijalankan melalui tiga hal yakni melakukan perubahan struktural, mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi, mewujudkan wilayah prioritas agar hadir kelas menengah baru.

 

2 dari 3 halaman

Gelar Doktor AHY Persembahkan untuk Sang Ibu

Usai Rektor Unair secara resmi menyatakan AHY raih gelar doktor, pria 46 tahun itu pun mengungkapkan rasa lega telah berhasil menyelesaikan studi S3. Ia mempersembahkan gelar doktor itu untuk sang ibunda, Ani Yudhoyono, yang telah berpulang ke pangkuan Tuhan.

"Ini sebuah pencapaian akademik tapi juga lebih personal karena ini merupakan wasiat terakhir ibu Ani Yudhoyono," kata AHY.

AHY mengatakan bahwa sebelum ibunya meninggal dunia sempat berharap agar dirinya bisa kembali mendapatkan gelar pendidikan. Hal tersebut lantaran karier AHY di dunia militer di tingkat mayor kemudian memutuskan keluar untuk terjun di dunia politik.

"Waktu itu sering diledek 'Ah mayor, hanya mayor, tentara baru kemarin dan sebagainya' tapi saya teguh dalam panggilan," kata AHY.

Dorongan sang ibu agar AHY kembali sekolah pun membuat semangat ayah satu anak itu untuk kembali studi.

"Oleh karena itu saya mendedikasikan ini untuk almarhumah Ibu Ani Yudhyono," kata AHY."Semoga ibu tenang dan tersenyum bahagia, saya merasakan itu," katanya lagi.

3 dari 3 halaman

SBY Hadiri Ujian Doktor Terbuka AHY

Presiden keenam Indonesia yang juga ayah dari AHY, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut hadir dalam ujian sidang terbuka putra pertamanya.

Tampak istri AHY, Annisa Pohan juga turut menyaksikan suaminya menjalani sidang hingga akhirnya dinyatakan lulus. 

Dukungan sang adik Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri juga sepenuhnya diberikan ke sang kakak dengan turut hadir.Â