Sukses

AHY Lulus dengan Predikat Cumlaude sebagai Doktor dari Unair, Rektor: Ini Gelar Sungguhan

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meraih gelar doktor cumlaude dari Universitas Airlangga dalam waktu 3 tahun 1 bulan 2 hari. Rektor Unair, Prof. Moh Nasih, menegaskan: Ini doktor beneran, ya.

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja meraih gelar doktor dari Universitas Airlangga (Unair) setelah berhasil menjalani ujian terbuka pada Senin, 7 Oktober 2024.

Rektor Universitas Airlangga, Profesor Moh Nasih, yang juga memimpin sidang, mengungkapkan, AHY telah menyelesaikan pendidikan doktor di Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude dalam waktu 3 tahun 1 bulan 2 hari 

Dengan pernyataan tersebut, Moh Nasih menegaskan bahwa AHY berhak menggunakan gelar doktor. "Ini doktor beneran, ya," katanya dalam siaran langsung di YouTube Universitas Airlangga. Dia, menambahkan,"Maksudnya bukan doktor universal apa... Universal studio ya kan, ada perguruan tinggi universal studio."

Profesor Moh Nasih juga menyampaikan bahwa AHY merupakan doktor ke-88 dari Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga. Dalam ujian terbuka tersebut, AHY mempresentasikan disertasinya yang berjudul 'Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045'.

2 dari 3 halaman

AHY Raih Gelar Doktor, Persembahkan untuk Sang Ibu

Setelah Rektor Universitas Airlangga secara resmi mengumumkan bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah meraih gelar doktor, pria berumur 46 tahun ini mengungkapkan rasa lega yang mendalam karena telah menyelesaikan studi S3-nya.

Gelar doktor tersebut dia persembahkan untuk ibundanya, Ani Yudhoyono, yang telah berpulang ke Rahmatullah. Dia, mengatakan, ini adalah pencapaian akademik yang berarti. Namun, lebih dari itu, ini adalah sesuatu yang sangat pribadi karena merupakan wasiat terakhir dari ibunda tercinta.

AHY menceritakan bahwa sebelum kepergian ibunya, Ani Yudhoyono sempat berharap agar dia dapat melanjutkan pendidikan dan meraih gelar yang lebih tinggi. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi AHY, yang sebelumnya telah meniti karier di dunia militer sebagai seorang mayor, sebelum akhirnya memilih untuk terjun ke dunia politik.

"Waktu itu sering diledek 'Ah mayor, hanya mayor, tentara baru kemarin dan sebagainya' tapi saya teguh dalam panggilan," kata AHY.

Dorongan dari sang ibu untuk kembali melanjutkan pendidikan pun menjadi semangat yang membara bagi ayah satu anak ini. "Oleh karena itu saya mendedikasikan ini untuk almarhumah Ibu Ani Yudhyono," kata AHY.

"Semoga ibu tenang dan tersenyum bahagia, saya merasakan itu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

SBY Hadiri Ujian Doktor Terbuka AHY

Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga merupakan ayah dari AHY, hadir dengan bangga dalam ujian sidang terbuka putra pertamanya.

Di sampingnya, istri AHY, Annisa Pohan, terlihat antusias menyaksikan suaminya menjalani sidang hingga akhirnya dinyatakan lulus. Tak ketinggalan, dukungan penuh juga diberikan oleh adik AHY, Edhie Baskoro Yudhoyono, beserta istrinya, yang turut hadir untuk merayakan momen bersejarah ini.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Terkini