Sukses

6 Makanan Sehat yang Bisa Disantap Sehari-hari, Salah Satunya Bikin Kenyang Lebih Lama

Menu makanan sehari-hari yang sehat tidak hanya berkontribusi pada penampilan fisik, tetapi juga mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan melalui makanan sehari-hari adalah langkah penting dalam meraih gaya hidup yang seimbang dan bugar. Menu makanan sehari-hari yang sehat tidak hanya berkontribusi pada penampilan fisik, tetapi juga mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Dilansir dari berbagai sumber, tubuh memerlukan nutrisi dan energi dari makanan agar dapat berfungsi dengan baik. Pasalnya, ketika makanan dikonsumsi, hal itu akan melalui proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat sangat penting memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh secara optimal, melancarkan pencernaan dan mempertahankan berat badan yang ideal. So, mau tahu apa saja pilihan makanan sehat yang bermanfaat untuk tubuh?

1. Oatmeal

Mengandung serat tinggi, oatmeal sangat efektif untuk menjaga rasa kenyang lebih lama. Kamu pun bisa menambahkannya dengan potongan buah segar seperti pisang atau beri, serta sedikit madu untuk memberikan rasa manis alami sekaligus menyegarkan saat disantap pada pagi hari.

2. Yogurt dan Granola

Selain oatmeal, yogurt dan grabnola juga bisa menjadi menu makanan sehat saat sarapan di pagi hari. Bagaimana tidak? Yogurt memiliki kandungan lemak yang rendah, selain itu, jika ditambahkan granola serta buah, dapat memberikan protein, serat, dan probiotik yang baik untuk pencernaan.

3. Salad

Salad juga bisa menjadi salah satu alternatif menu santap kamu sehari-hari yang sehat. Jika ingin menambahkan variasi rasa, kamu pun bisa kombinasikan dengan ayam panggang, tahu, ayam quinoa. 

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan dressing dari minyak zaitun dan lemon untuk rasa yang segar pada menu sarapan atau makan siang untuk menambah energi.

4. Sandwich

Kamu juga bisa mencoba sandwich sebagai menu santapan sehari-hari. Kamu bisa menggunakan roti gandum utuh, isi dengan sayuran, daging tanpa lemak, atau juga bisa dengan ikan, dan tambahkan alpukat untuk lemak sehat.

5. Ikan Panggang

Ikan seperti salmon atau sarden kaya omega-3, sangat baik untuk kesehatan jantung. Kamu bisa menyantap kedua ikan tersebut sebagai menu sehat sehari-hari. Jika terasa kurang, kamu bisa menambahkan saturan atau karbohidrat lain seperti nasi merah.

6. Sup

Sup sayuran atau kaldu dengan tambahan protein seperti ayam atau lentil dapat menjadi pilihan yang hangat dan mengenyangkan perut di malam hari. Kombinasi tersebut juga bisa membuat perut menjadi kenyang sekaligus tubuh tetap sehat.

Eits, selain keenam makanan tersebut, kamu juga bperlu menjaga hidrasi tubuh agar tetap sehat. Untuk itu, kamu harus mengonsumsi air mineral minimal delapan gelas sehari.

Tak hanya itu, kamu juga perlu mengganti minuman manis dengan air atau teh herbal. Hal itu guna membatasi konsumsi gula berlebih yang akan menjadi momok bagi kesehatan tubuh.

So, dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi seimbang dalam menu sehari-hari, kamu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidup sehat!

 

(*)

Video Terkini