Sukses

Anak Kerap Rasakan Nyeri Pasca Operasi, Apa yang Bisa Dilakukan Orangtua agar Buah Hati Tetap Nyaman?

Pasca operasi, anak akan merasa lebih nyaman dan tidak terlalu cemas jika sudah berada di rumah, bagaimana cara orangtua merawatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Rasa sakit setelah operasi adalah hal yang normal bagi setiap orang termasuk anak-anak.

Menurut dokter spesialis bedah anak RS EMC Sentul, Ishak G. M. Lahunduitan, skala dan lamanya rasa sakit akan berlangsung tergantung pada jenis operasinya.

“Terkadang, mengubah posisi atau menggendong anak dapat meringankan rasa sakit. Dan bila dipandang perlu, pemberian obat oleh dokter dapat dilakukan untuk menjaga kenyamanan anak Anda, serta dokter akan bekerja sama dengan Anda untuk membantu mengatasi rasa sakit anak Anda,” tulis Ishak di laman resmi EMC dikutip Rabu (9/10/2024).

Pastikan Anak Merasa Nyaman

Setelah operasi, lanjut Ishak, yang perlu diusahakan adalah untuk memastikan anak merasa nyaman dan masih bisa bangun serta bergerak. Untuk mencapai keseimbangan ini, jenis atau obat yang berbeda dapat digunakan.

Anak akan merasa lebih nyaman dan tidak terlalu cemas jika sudah berada di rumah. Membawa anak pulang sesegera mungkin merupakan sebuah prioritas.

“Penting bagi Anda untuk merasa siap merawat anak Anda setelah meninggalkan rumah sakit. Dokter akan meresepkan obat pereda nyeri dan rencana lain untuk menjaga anak Anda tetap nyaman di rumah. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan kepada Anda tentang obat dan panduan konsumsinya,” saran Ishak.

2 dari 4 halaman

Tips Membuat Anak yang Baru Menjalani Operasi Nyaman di Rumah

Guna membantu membuat anak merasa lebih nyaman di rumah pasca menjalani operasi, orangtua dapat melakukan hal-hal berikut:

Kompres Es

Kompres es dapat membantu mengurangi pembengkakan sehingga mengurangi rasa sakit. Dokter bedah anak akan menjelaskan berapa lama dan seberapa sering menggunakan kompres es.

Distraksi

Distraksi seperti membaca buku, bermain game, dan menonton film, dapat membantu anak mengatasi ketidaknyamanan.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga dapat membantu meringankan rasa sakit, tapi orangtua dapat menanyakan kepada dokter bedah anak kapan jangka waktu terbaik untuk mandi air hangat pasca operasi.

3 dari 4 halaman

Tips Lainnya

Tips berikutnya untuk menjaga anak tetap merasa nyaman pasca operasi adalah:

  • Peregangan tubuh dan berjalan kaki.
  • Sentuhan atau pijatan ringan orangtua, selama jaraknya cukup jauh dari lokasi operasi dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  • Pakaian yang longgar dan nyaman dapat membantu mencegah iritasi di sekitar lokasi operasi.

 

4 dari 4 halaman

Kapan Perlu Hubungi Dokter?

Lantas, kapan orangtua perlu menghubungi dokter?

Menurut Ishak, orangtua bisa meminta bantuan dokter jika anak mengalami salah satu masalah berikut setelah operasi:

  • Nyeri yang tampaknya semakin parah atau terjadi di lokasi yang berbeda.
  • Nyeri tidak membaik dengan obat pereda nyeri yang diresepkan untuk anak.

“Segeralah berkonsultasi pada dokter bedah anak, apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait kondisi anak pasca operasi,” pungkas Ishak.