Sukses

Ada Banyak Virus di Sikat Gigi dan Shower, Berbahayakah untuk Kesehatan?

Agen mikroba yang terdeteksi pada pancuran dan sikat gigi adalah bakteriofag, virus yang menginfeksi dan membunuh bakteri.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Universitas Northwestern mengidentifikasi lebih dari 600 virus berbeda pada 92 sampel pancuran (shower) dan 34 sampel sikat gigi – dan tidak ada dua sampel yang sama.

“Jumlah virus yang kami temukan sangatlah liar,” kata ahli mikrobiologi dalam ruangan Erica M. Hartmann, yang memimpin penelitian.

“Kami menemukan banyak virus yang hanya sedikit kami ketahui dan banyak virus lainnya yang belum pernah kami lihat sebelumnya.”

Kabar baiknya adalah agen mikroba yang terdeteksi pada pancuran dan sikat gigi adalah bakteriofag, virus yang menginfeksi dan membunuh bakteri.

Para peneliti mencatat bahwa mikobakteriofag paling melimpah. Virus ini menginfeksi mikobakteri, sejenis bakteri yang menyebabkan penyakit seperti tuberkulosis, kusta, dan infeksi paru-paru kronis tertentu.

“Kami dapat membayangkan mengambil mikobakteriofag ini dan menggunakannya sebagai cara untuk membersihkan patogen dari sistem saluran air Anda,” jelas Hartmann.

“Kami ingin melihat semua fungsi yang dimiliki virus ini dan mencari tahu bagaimana kami dapat menggunakannya.”

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Microbiomes ini merupakan tindak lanjut dari penelitian Hartmann yang menemukan bahwa sebagian besar mikroba pada sikat gigi Anda kemungkinan besar berasal dari mulut Anda, bukan dari toilet yang menyiram dan menghasilkan gumpalan partikel aerosol. 

 

 

2 dari 3 halaman

Bermula dari Rasa Ingin Tahu

Penelitian sikat gigi ini dijuluki “Operasi Pottymouth”.

“Proyek ini dimulai karena rasa ingin tahu,” kata Hartmann.

“Kami ingin mengetahui mikroba apa yang hidup di rumah kami. Jika Anda memikirkan lingkungan dalam ruangan, permukaan seperti meja dan dinding sangat sulit bagi mikroba untuk hidup. Mikroba lebih menyukai lingkungan dengan air. Dan di mana ada air? Di dalam pancuran dan sikat gigi kami.” 

Hartmann merekomendasikan mencuci pancuran dengan sabun dan air atau merendamnya dalam cuka untuk menghilangkan penumpukan kalsium. Ia juga menyarankan untuk mengganti kepala sikat gigi elektrik secara rutin.

Hartmann bukan penggemar sikat gigi antimikroba, yang menurutnya dapat menyebabkan bakteri kebal antibiotik.

“Mikroba ada di mana-mana, dan sebagian besarnya tidak membuat kita sakit,” ujarnya. “Semakin sering Anda menyerang mereka dengan disinfektan, semakin besar kemungkinan mereka menjadi resisten atau menjadi lebih sulit untuk diobati. Kita semua harus merangkul mereka.”

 

3 dari 3 halaman

Cara membersihkan sikat gigi

Dokter gigi California Selatan Dr. Joyce Kahng merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan dan tidak membaginya dengan siapa pun.

Dia menyarankan 10 cara untuk membersihkan bulu sikat gigi, yakni:

  1. Cuci dengan sabun tangan
  2. Celupkan ke dalam air mendidih selama 30 detik
  3. Celupkan ke dalam obat kumur selama dua menit
  4. Biarkan dalam hidrogen peroksida semalaman
  5. Celupkan ke dalam cuka putih selama 30 detik
  6. Gunakan campuran 2 sendok teh baking soda dan air
  7. Gunakan campuran 2 gelas air dan 2 sendok teh pemutih selama enam menit
  8. Celupkan ke dalam setengah campuran tablet gigi palsu selama 90 detik
  9. Celupkan ke dalam asam hipoklorit
  10. Gunakan alat sterilisasi UV