Sukses

Menkes Budi Dipanggil Prabowo, Bahas Jumlah Dokter hingga Penyakit yang Harus Dieliminasi

Semalam, Menkes Budi termasuk sosok yang dipanggil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto. Budi mengatakan diajak berdiskusi soal masalah kesehatan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin termasuk salah satu sosok yang dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Mengenakan kemeja batik cokelat lengan panjang dan celana hitam, Budi pada Senin, 14 Oktober 2024 malam tiba di rumah Prabowo yang berada di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Budi mengatakan bahwa dirinya sudah diberitahu pada Senin siang agar bisa menemui Prabowo Subianto sekitar pukul 19.00 WIB.

"Siang hari dikasih tahu (untuk) disuruh datang sekitar jam 7 (malam)," kata Menkes Budi usai menemui Prabowo pada Senin malam.

Kemudian, Budi menceritakan isi pertemuan dengan Presiden Terpilih RI periode 2024-2029 itu. Pembahasan mengenai masalah kesehatan di Indonesia mulai dari jumlah dokter hingga pendidikan kedokteran.

"Saya datang tadi diajak bicara sama beliau mengenai masalah kesehatan. Jumlah dokter harus cukup,  jumlah dokter spesialis harus cukup," kata Budi.

"Bagaimana pendidikan dokter dan dokter spesialis harus diperbanyak, kalau masyarakat masih kekurangan bisa enggak belajarnya enggak di dalam negeri saja tapi bisa juga di luar negeri untuk mempercepat," lanjut Budi.

Prabowo juga sempat mengungkapkan tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan sehingga penyakit cepat terdeteksi sebelum parah.

"Beliau juga meminta agar pemeriksaan kesehatan terus ditingkatkan agar jangan sakit-sakit masyarakat,  kalau bisa kita jaga supaya sehat terus," tutur Budi.

Prabowo Singgung soal TB dan Malaria

Prabowo sempat menyinggung beberapa penyakit yang seharusnya sudah tidak ada tapi masih jadi masalah di Indonesia yakni tuberkulosis (TB) dan malaria.

"Ada juga penyakit yang harusnya diatasi di Indonesia seperti tuberkulosis dan malaria. Itu kan harusnya dieliminasi, dicari vaksinnya supaya biar cepat hilang penyakit ini," tutur Budi lagi.

 

2 dari 4 halaman

Peluang Budi Gunadi Sadikin Jadi Menkes Lagi

Awak media juga sempat menanyakan perihal kemungkinan Budi Gunadi Sadikin kembali menjabat sebagai Menteri Kesehatan. Terkait hal itu, Budi mengaku Prabowo belum membicarakan ke arah tersebut.

"Beliau belum ngomong seperti itu," jawab Budi.

"Nanti beliau yang akan mengumumkan," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Sejumlah Nama yang Sambangi Rumah Prabowo

Selain Budi Gunadi Sadikin, ada beberapa nama menteri yang kini masih menjabat di pemerintahan Joko Widodo yang dipanggil Prabowo Subianto.

Disebut-sebut sosok yang dipanggil pada Senin, 14 Oktober bakal menduduki jabatan menteri di pemerintahan selanjutnya.

Siapa saja mereka? Berikut nama menteri yang saat ini duduk di pemerintahan Jokowi dan dipanggil Prabowo. 

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani mengaku diminta untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Prabowo.

"Saya dengan pak Prabowo sudah beberapa kali ya, tentu saja briefing untuk keuangan negara APBN, karena selama beliau transisi dan pada saat kita menyiapkan APBN 2025 kan perlu untuk mendengar apa-apa saja yang menjadi prioritas dan arahan dari Presiden dan Wapres terpilih," katanya mengutip News Liputan6.com.

 

2. Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin malam.

Erick mengaku mendapat arahan dari Prabowo terkait tugasnya di kabinet mendatang.

"Saya tadi dipanggil oleh Pak Prabowo. Beliau memberikan arahan bagaimana rencana ke depan, karena tentu situasi dunia sedang kompleks dan tentu amanah ini tadi saya sampaikan akan saya jaga sebaiknya dan pastikan amanah ini kita sukseskan," kata Erick.

 

4 dari 4 halaman

3. Pratikno

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyambangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto. Sebelum meninggalkan kediaman Prabowo, Pratikno mengaku diminta membantu bergabung di kabinet pemerintahan.

Namun, Pratikno pun enggan membeberkan posisi apa di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya.

"Tentu saja mendukung kebijakan beliau jadi semaksimal mungkin bekerja dengan baik dan juga bekerja sama dalam tim. Itu hal-hal yang beliau sampaikan," kata Pratikno.

4. Dito Ariotedjo

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo turut menyambangi kediaman Prabowo pada Senin malam.

Dito tampak semringah usai dipanggil Prabowo bersama sejumlah tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal menjadi menteri di periode berikutnya.

"Tadi diskusi dengan bapak presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto, beliau ada kepedulian yang sangat tinggi terkait dengan pemuda dan olahraga kita," ujar Dito di depan rumah Prabowo.

Video Terkini