Sukses

Pertama di Asia, EMC Healthcare Hadirkan PET/CT Scan Canggih Biograph Vision Quadra di RS Graha Kedoya

Lewat alat tersebut bagian tubuh yang bisa dipindai lebih luas, akurasi diagnostik lebih cepat, waktu pemindaian lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta EMC Healthcare lewat salah satu rumah sakitnya yakni RS Grha Kedoya Jakarta berupaya meningkatkan kualitas dalam layanan diagnostik kanker dengan menghadirkan fasilitas alat PET/CT Scan canggih bernama Biograph Vision Quadra PET/CT Scanner dari Siemens Healthineers.

Lewat alat tersebut pemindaian ;ebih luas lalu akurasi diagnostik lebih baik serta waktu pemindaian lebih cepat dibandingkan PET/CT Scan konvensional.

"Kami melihat PET/CT Scan ini sebagai breakthrough (terobosan). Dimana dengan alat ini, scanning hanya butuh 4 menit, lalu radiasi sangat less, ditambah lagi bidang pandang tubuh 106 cm, sehingga bisa full body scan," kata Presiden Direktur EMC Healthcare, Jusup Halimi di RS Graha Kedoya pada Selasa, 16 Oktober 2024.

Kemampuan yang dimiliki Biograph Vision Quadra PET/CT Scanner memungkinkan pasien untuk memperoleh manfaat dari peralatan diagnostik tercanggih yang tersedia saat ini.

"Hal ini menandai era baru pengobatan yang presisi di Indoneisa, khususnya bagi pasien onkologi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dan personal," kata Jusup lagi.

Jusup mengatakan bahwa Biograph Vision Quadra PET/CT Scanner dari Siemens Healthineers ini bakal tiba di RS Grha Kedoya pada Februari 2025. Lalu, tim tenaga medis yang menjalankan alat tersebut akan menjalankan traning agar bisa mengoptimalkan penggunaan alat diagnostik tersebut. Selanjutnya bisa dimulai digunakan untuk masyarakat.

 

2 dari 3 halaman

Indonesia, Negara Pertama di Asia yang Gunakan PET/CT Scan Tercanggih

Menurut Country Head Siemens Healthineers Indonesia, Alfred Fahringer, belum ada negara di Asia yang menggunakan alat diagnostik canggih Biograph Vision Quadra PET/CT Scanner. Sehingga, Indonesia menjadi negara pertama di Asia sebagai yang pertama.

"Kami bangga bisa berkolaborasi dengan EMC Healthcare dalam menghadirkan alat ini untuk pertama kali di Asia," kata Alfred di kesempatan yang sama.

Ia menjelaskan bahwa Biograph Vision Quadra PET/CT Scan merupakan generasi baru dalam pencitraan PET/CT. Alat ini menawarkan kecepatan dalam pemindaian dimana hanya butuh waktu sekitar 4 menit.

Lalu, alat ini menghasilkan peta tiga dimensi seluruh tubuh dari laju aliran darah kuantitatif ke setiap organ dan jaringan. Informasi ini akan meningkatkan akurasi diagnostik.

"Jadi memungkinkan untuk mendeteksi dini penyakti seperti kanker serta penentuan stadium," kata Alfred.

3 dari 3 halaman

Dipakai di Eropa dan Australia

Saat ini, alat diagnostik canggih dari Siemens Healthineers ini juga digunakan di beberapa rumah sakit terkemuka di Eropa dan Australia.

Diantaranya sudah memanfaatkan kecanggihan dari Biograph Vision Quadra PET/CT Scan adalah AKH University Hospital Vienna Austria, Rigshospitalet Denmark, Universität Tübingen Jerman, University Medical Center Groningen Belanda juga Melbourne Theranostic Innovation Center Australia.

Dengan kecanggihan alat tersebut didukung tenaga medis yang handal, maka tidak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri untuk mendapatkan layanan berkualitas. 

Video Terkini