Sukses

Apa Benar Daun Kelor Bisa Memperbanyak ASI? Ini Jawaban Pakar!

Dr. Ade Jubaedah ungkap manfaat daun kelor bagi ibu menyusui, kaya akan zat besi dan nutrisi penting yang bantu tingkatkan kesehatan ibu dan bayi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Dr. Ade Jubaedah, SSIT, MM, MKM, dalam sebuah kesempatan menjelaskan manfaat daun kelor untuk ibu menyusui dan bayi.

Menurutnya, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. "Daun kelor memang terbukti melalui beberapa penelitian memiliki komposisi yang bermanfaat untuk ibu menyusui," kata Ade kepada Health Liputan6.com di Jakarta.

"Daun kelor ini kaya akan zat besi (Fe) yang diperlukan oleh ibu. Kandungan nutrisinya yang lengkap membantu meningkatkan kesehatan ibu dan bayi, terutama selama masa menyusui," tambahnya.

Apakah Daun Kelor Baik untuk Bayi?

Namun, Dr. Ade juga mengingatkan bahwa meskipun daun kelor memiliki manfaat, tidak bisa langsung diberikan begitu saja kepada bayi. 

Dia, mengatakan, pemberian makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) harus memperhatikan komposisi nutrisi yang diperlukan oleh bayi, terutama protein hewani dan zat pendukung lainnyaa yang sangat penting untuk penyerapan nutrisi yang optimal.

"Prinsip pemberian makanan tambahan ini, komposisinya hampir sama dengan makanan orang dewasa, terutama dalam hal protein hewani dan pendukungnya. Namun, yang paling utama adalah memperhatikan tekstur makanannya, itu yang paling penting," ujar Ade.

Apakah Daun Kelor Bisa Menurunkan Stunting?

Sebetulnya daun kelor bukan satu-satunya solusi. Nutrisi yang harus dikonsumsi bayi untuk mengatasi stunting harus mencakup makanan yang mengandung protein hewani, baik dari daging merah (HAM) maupun pendukung lainnya. "Jadi, tidak bisa hanya mengandalkan daun kelor saja, tapi harus didukung oleh nutrisi lainnya," tambahnya.

 

2 dari 9 halaman

Nutrisi Seimbang dan Isi Piringku

Dalam paparannya, Dr. Ade juga menyoroti pentingnya konsep gizi seimbang melalui isi piringku. Konsep ini tidak hanya berlaku bagi ibu menyusui tapi juga bagi ibu hamil dan anak-anak.

"Isi piringku menekankan keseimbangan gizi dengan memastikan setiap asupan mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Jadi, bukan hanya memperbesar porsi karbohidrat saja, tapi seluruh nutrisi harus ada dalam porsi yang tepat," katanya.

 

3 dari 9 halaman

Apa Saja Manfaat Minum Air Rebusan Daun Kelor?

Kelor, tanaman yang dikenal sebagai 'pohon ajaib', telah lama digunakan dalam tradisi pengobatan kuno di India. Kini, kelor semakin populer sebagai makanan super di kalangan ahli gizi modern karena kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan.

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan daun kelor adalah dengan merebusnya dan mengonsumsinya sebagai air rebusan. Simak apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dari minum air rebusan daun kelor, seperti dilansir dari HindustanTimes pada Minggu, 20 Oktober 2024.

1. Sumber Kalsium dan Vitamin A yang Luar Biasa

Air rebusan daun kelor merupakan salah satu sumber kalsium terbaik, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Jika kamu butuh asupan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, daun kelor bisa menjadi solusi alami yang efektif.

Selain itu, daun kelor mengandung Vitamin A sepuluh kali lebih banyak daripada wortel, yang membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4 dari 9 halaman

2. Detoksifikasi Hati dan Menyehatkan Pencernaan

Mengonsumsi air kelor saat perut kosong dapat membantu proses detoksifikasi hati, menjaga organ penting ini tetap bersih dari racun. Selain itu, kelor juga diketahui mampu mempercepat metabolisme dan mengatur kadar gula darah.

Bagi yang mengalami masalah pencernaan atau ingin menjaga berat badan ideal, minum air kelor bisa menjadi pilihan yang menyehatkan.

5 dari 9 halaman

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut dan Menutrisi Kulit

Kaya akan Vitamin C dan beta karoten, air rebusan daun kelor mampu memperkuat folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Jika kamu sering mengalami kerontokan rambut, memasukkan air kelor ke dalam rutinitas harian bisa membantu memperbaiki kondisi rambut kamu. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kelor dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

6 dari 9 halaman

4. Menangkal Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelor adalah sumber kaya antioksidan, termasuk Vitamin A, C, dan E, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Di musim hujan atau panas ketika tubuh lebih rentan terhadap penyakit, air kelor bisa menjadi minuman alami untuk melawan infeksi. Dengan rutin meminumnya, tubuh Anda lebih siap menghadapi serangan virus dan bakteri.

7 dari 9 halaman

5. Sumber Nutrisi Lengkap untuk Ibu Hamil dan Anak-anak

Bagi ibu hamil, ibu baru, dan anak-anak, air rebusan daun kelor sangat dianjurkan karena mengandung banyak nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan potasium. Nutrisi ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan janin, memperkuat tulang, serta menjaga kesehatan mental dan fisik ibu.

8 dari 9 halaman

6. Kandungan Nutrisi Luar Biasa

Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya: 7 kali lebih banyak Vitamin C dibandingkan jeruk, 17 kali lebih banyak kalsium daripada susu, 9 kali lebih banyak protein daripada yoghurt, dan 25 kali lebih banyak zat besi daripada bayam.

Dengan profil nutrisi yang mengagumkan ini, kelor bisa menjadi solusi alami untuk kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh.

9 dari 9 halaman

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Daun Kelor yang Benar?

Untuk menikmati manfaat daun kelor, kamu bisa merebusnya dan meminum air rebusannya saat perut kosong. Selain itu, daun kelor juga bisa dijadikan bubuk dengan cara dikeringkan di bawah sinar matahari dan kemudian ditambahkan ke dalam teh atau hidangan lainnya.