Sukses

Profil Veronica Tan, Sosok yang Ditunjuk Prabowo Jadi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran diisi oleh Veronica Tan.

Liputan6.com, Jakarta Nama Veronica Tan disebut Presiden Prabowo Subianto dalam jajaran Wakil Menteri di kabinet Merah Putih.

Veronica Tan menjabat posisi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Kabinet Merah Putih. Wanita 47 tahun itu mendampingi Arifatul Choiri Fauzi yang menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabinet Merah Putih.

Veronica Tan lahir di Medan, Sumatera Utara pada 6 Desember 1977. Ia adalah putri sulung dari tiga bersaudara.

Nama Veronica Tan dikenal luas oleh publik saat menjadi istri dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Namun, pasangan tersebut berpisah pada 2018.

Setelah bercerai dengan Ahok, Veronica Tan memperlihatkan dirinya menjadi sosok wanita tangguh dan mandiri. Mulai dari mengasuh ketiga anak, aktivitas sosial hingga menjadi seorang pengusaha di bidang impor daging bernama Alpha Agro Indonesia.

"Kalau dulu kan ada suami, jika ada masalah bisa ngobrol dengan suami tapi sekarang (kondisi berpisah) saya harus deal it with myself," kata Vero saat diwawancarai Melaney Ricardo tiga bulan lalu.

"Saat ini harus solve the problem dan harus memperjuangkan," kata Vero lagi.

Saat dirinya masih menyandang sebagai sosok yang berdiri di belakang Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Vero menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta dari 2014 hingga 2017.

Selama bertugas dalam dua hal di atas ia mengadvokasi isu kesehatan dan pemberdayaan keluarga, menunjukkan dedikasinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti mengutip Hot Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Dirikan Layanan Perawatan Kesehatan

Veronica juga mendirikan layanan home care bernama LoveCare, yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan perawatan kesehatan di rumah.

Aplikasi ini menjadi inovasi yang signifikan, dengan tujuan menyediakan akses layanan kesehatan yang mudah dan efisien.

Veronica bahkan mewakili Indonesia dalam forum APEC di Taiwan pada September 2024, membahas kesetaraan gender dan inklusi dalam teknologi kesehatan untuk para caregiver.

Vero juga mendirikan Yayasan Waroeng Imaji, yang fokus pada pelayanan anak-anak di rumah susun di DKI Jakarta. Melalui yayasan ini, ia berusaha untuk memberdayakan anak-anak melalui kegiatan seni, seperti mengadakan pertunjukan teater dan kerja sama dengan universitas untuk mengembangkan kreativitas dan karakter anak.

3 dari 4 halaman

Piawai Mainkan Alat Musik

Sebagai sosok individu, Veronica Tan juga dikenal karena kemampuannya bermain alat musik. Ia pernah memperlihatkan kepiawaiannya memainkan cello bersama Twilite Orchestra pimpinan musisi Addie MS.

Ternyata bagi Veronica Tan, musik memang hal yang penting seperti memberikan jiwa kepada seseorang.

"Musik adalah hukum moral. Ini memberi jiwa ke alam semesta, sayap untuk pikiran, terbang ke imajinasi, dan pesona dan keceriaan untuk hidup dan untuk semuanya" tulis Veronica mengutip perkataan filsuf Plato dalam akun Instagram pribadinya.

4 dari 4 halaman

Jadi Wamen PPPA, Ini Tugas Veronica Tan

Usai diumumkan menjadi Wamen PPPA, Veronica mengaku dirinya diminta untuk menggiatkan Posyandu untuk ibu hamil dan bayi oleh Prabowo Subianto.

"Pak Prabowo itu minta Posyandu digiatkan lagi, jadi imunisasi tahap pertama itu kan penting ya, bagaimana membuat ibu bisa kasih ASI untuk anak keluar kandungan," kata Veronica Tan kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024 malam.

Prabowo meminta agar anak-anak yang terkena stunting diperhatikan dan dibantu. Veronica menuturkan Prabowo sangat concern terhadap program makan bergizi untuk anak-anak seperti mengutip News Liputan6.com.