Sukses

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Mulai dari Tingkatkan Kemampuan Otak hingga Bantu Bakar Lemak

Kaya akan antioksidan dan nutrisi, teh hijau menawarkan berbagai manfaat kesehatan mulai dari meningkatkan fungsi otak hingga menurunkan risiko penyakit jantung

Liputan6.com, Jakarta Teh hijau telah lama dikenal sebagai minuman yang kaya manfaat untuk kesehatan. Mengandung antioksidan seperti katekin, teh hijau membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel.

Konsumsi teh hijau secara teratur dapat mendukung fungsi jantung yang lebih sehat, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serta membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, teh hijau juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mengatur berat badan.

Berikut selengkapnya manfaat teh hijau untuk kesehatan mengutip berbagai sumber:

1. Kaya Antioksidan

Teh hijau mengandung polifenol, termasuk katekin, yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dan berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kafein dalam teh hijau, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi, dapat meningkatkan kewaspadaan dan fungsi otak. Selain itu, asam amino L-theanine dalam teh hijau dapat bekerja sinergis dengan kafein untuk meningkatkan fungsi kognitif.

3. Membantu Pembakaran Lemak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan tingkat metabolisme. Ini menjadikannya suplemen yang populer dalam program penurunan berat badan.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi teh hijau secara rutin dapat meningkatkan beberapa faktor risiko utama untuk penyakit jantung, termasuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

 

2 dari 3 halaman

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah, yang dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

6. Mendukung Kesehatan Mulut

Katekin dalam teh hijau juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus penyebab infeksi mulut dan kerusakan gigi.

 

3 dari 3 halaman

7. Kulit Lebih Sehat

Antioksidan dalam teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan memperlambat penuaan kulit.

8. Mendukung Kesehatan Mental

Konsumsi teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko depresi dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson, berkat kandungan L-theanine dan antioksidannya.

 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence