Sukses

Cara Mudah Tentukan Usia Fisik Tanpa Alat, Bisa Dicoba di Rumah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdiri dengan satu kaki, terutama kaki nondominan, menunjukkan tingkat penurunan tertinggi seiring bertambahnya usia.

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti dari Mayo Clinic telah menemukan cara mudah dan tanpa peralatan untuk menentukan usia fisik atau biologis. Tim mengatakan jumlah waktu yang Anda mampu untuk menjaga keseimbangan dengan satu kaki merupakan indikator penting dari kekuatan saraf, tulang dan otot.

Dalam studi tersebut, 40 peserta sehat berusia di atas 50 tahun (separuh di bawah 65 tahun, dan separuh di atas) menjalani tes berjalan dan keseimbangan serta latihan yang menguji kekuatan cengkeraman dan lutut mereka. Penelitian ini mengecualikan individu yang mengalami obesitas dan mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya yang dapat mempengaruhi keseimbangan atau langkah mereka.

Kenton Kaufman, Ph.D., penulis senior studi dan direktur Laboratorium Analisis Gerak di Mayo Clinic, mengatakan, “Keseimbangan adalah ukuran penting karena, selain kekuatan otot, memerlukan masukan dari penglihatan, sistem vestibular. sistem, dan sistem somatosensori.”

Untuk tes keseimbangan, yang masing-masing berlangsung selama 30 detik, subjek berdiri di atas pelat gaya yang mengukur berapa banyak energi yang mereka keluarkan ke tanah. Peserta diminta melakukan berbagai sikap: dua kaki di tanah dengan mata terbuka, dua kaki di tanah dengan mata tertutup, berdiri dengan satu kaki menggunakan kaki nondominan dengan mata terbuka, dan bertumpu pada kaki dominan dengan mata terbuka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdiri dengan satu kaki, terutama kaki nondominan, menunjukkan tingkat penurunan tertinggi seiring bertambahnya usia.

Dengan kaki nondominan, dan seiring berjalannya waktu, jumlah waktu seseorang dapat berdiri berkurang 2,2 detik. Untuk leg dominan, waktu tersebut berkurang 1,7 detik per dekade.

Para peneliti mencatat bahwa massa otot menurun hingga 8% per dekade setelah usia 30 tahun, dan angka ini terus meningkat sejak usia 60 tahun. 

 

 

2 dari 4 halaman

Dorong Orang Uji Kekuatan Tulang Secara Mandiri

Penulis penelitian berharap tes berteknologi rendah ini akan mendorong orang untuk menguji kekuatan tulang secara mandiri dan melakukan penyesuaian.

“Temuan ini penting karena pengukuran ini tidak memerlukan keahlian khusus, alat canggih, atau teknik untuk pengukuran dan interpretasi. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan, bahkan oleh individu itu sendiri,” ungkap tim tersebut.

Kaufman berpendapat bahwa perubahan keseimbangan dapat menambah bahaya: “Jika keseimbangan Anda buruk, Anda berisiko terjatuh, baik saat Anda bergerak atau tidak. Jatuh adalah risiko kesehatan yang parah dengan konsekuensi yang serius.”

Sebuah studi pada tahun 2022 yang dijuluki “tantangan flamingo” menemukan bahwa orang paruh baya yang tidak dapat menyeimbangkan satu kaki selama 10 detik menghadapi risiko kematian dini yang jauh lebih tinggi.

Claudio Gil Araújo, dari Klinik Pengobatan Latihan CLINIMEX di Rio de Janeiro dan penulis studi tantangan flamingo, mengatakan kepada CNN, “Kita secara teratur membutuhkan… postur satu kaki, untuk keluar dari mobil, untuk memanjat atau turun berpijak pada bangkuatau tangga dan sebagainya. Tidak memiliki kemampuan ini atau rasa takut dalam melakukan hal tersebut kemungkinan besar terkait dengan hilangnya otonomi dan, sebagai konsekuensinya, kurangnya olahraga, dan bola salju pun dimulai.”

 

 

3 dari 4 halaman

Peningkatan Kekuatan Fisik Bantu Perbaiki Postur dan Penuaan

Para ahli sepakat bahwa meningkatkan kekuatan dan kelenturan fisik sekaligus memperbaiki postur dan keseimbangan dapat membuka jalan bagi penuaan yang baik dan mempertahankan kemandirian di tahun-tahun berikutnya.

Caroline Idiens, seorang pelatih kebugaran Inggris yang berspesialisasi dalam latihan kekuatan di rumah, baru-baru ini menulis di Telegraph bahwa keseimbangan adalah indikator kesejahteraan fisik dan kesehatan kognitif. 

“Keseimbangan membebani otak karena memerlukan mata Anda, sistem vestibular Anda (yang berasal dari telinga bagian dalam dan mendeteksi gerakan), dan proprioseptor di anggota tubuh Anda yang mengirimkan sinyal ke otak Anda, memberitahukan apa yang sedang terjadi.”

 

4 dari 4 halaman

Cara Melakukan Tes dengan Satu Kaki

Idiens mengatakan stempel waktu berikut untuk berdiri dengan satu kaki adalah indikator yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

  • Jika Anda berusia di bawah 40 tahun, Anda seharusnya bisa berdiri dengan satu kaki terus menerus selama 43 detik.
  • Jika Anda berusia 40-an, lakukan selama 40 detik.
  • Jika Anda berusia 50-an, cobalah 37 detik.
  • Jika Anda berusia 60an, 18 hingga 19 detik adalah tujuannya.
  • Jika Anda berusia 70-an, durasinya 10 hingga 15 detik.
  • Jika Anda berusia 80 tahun atau lebih, bidiklah selama 5 detik lebih sedikit.

Parameter Kaufman kurang tepat.

Dia mengatakan orang dapat mengambil sikap untuk melatih dan meningkatkan keseimbangan mereka. “Dengan berdiri dengan satu kaki, Anda dapat melatih diri Anda untuk mengoordinasikan respons otot dan vestibular untuk menjaga keseimbangan yang benar. Jika Anda bisa berdiri dengan satu kaki selama 30 detik, Anda melakukannya dengan baik.”

Jika Anda ingin meningkatkannya, apa yang disebut “tantangan keseimbangan orang tua” telah sangat populer di media sosial. Premisnya sederhana: Berdirilah dengan satu kaki dan ikat tali sepatu pada kaki yang ditinggikan, atau pertahankan posisi berdiri selama waktu yang diperlukan untuk mengikat tali sepatu.

Video Terkini