Sukses

Awas, Kurang Tidur di Usia 40-an Bikin Penuaan Otak Lebih Cepat

Kurang tidur dalam jangka waktu yang sering dapat memicu penurunan kognitif permanen yang menyebabkan demensia.

Liputan6.com, Jakarta - Kurang tidur di usia 40-an dapat membuat otak Anda menua lebih cepat – dan Anda mungkin merasakan efeknya di akhir usia 50-an, demikian menurut temuan sebuah studi baru.

“Temuan kami menyoroti pentingnya mengatasi masalah tidur sejak dini untuk menjaga kesehatan otak, termasuk menjaga jadwal tidur yang konsisten, berolahraga, menghindari kafein dan alkohol sebelum tidur, dan menggunakan teknik relaksasi,” kata penulis studi Dr. Kristine Yaffe dari UC San Fransisco.

Hampir 600 orang dewasa berusia sekitar 40 tahun menyelesaikan kuesioner tidur pada awal penelitian dan lima tahun kemudian.

Pertanyaannya antara lain:

“Apakah Anda biasanya sulit tidur?”

“Apakah kamu biasanya terbangun beberapa kali di malam hari?” dan

“Apakah kamu biasanya bangun terlalu pagi?”

Para peneliti mencatat jika partisipan mengalami durasi tidur yang pendek atau kurang tidur, kualitas tidur yang buruk, kesulitan tidur, kesulitan untuk tetap tertidur, terbangun di pagi hari atau mengantuk di siang hari. Para ahli umumnya merekomendasikan tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Peserta dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan ciri tidur mereka. Mereka yang berada dalam kelompok rendah (sekitar 70%) tidak memiliki satu pun atau salah satu dari enam karakteristik tersebut. Peserta kelompok menengah (22%) memiliki dua atau tiga, dan peserta dalam kelompok tinggi (8%) memiliki empat hingga enam.

Lima belas tahun setelah dimulainya penelitian, peserta menjalani pemindaian tengkorak yang membantu peneliti menghitung usia otak mereka.

Setelah memperhitungkan usia, jenis kelamin, tekanan darah tinggi, diabetes, dan faktor lainnya, para peneliti menentukan bahwa otak kelompok menengah rata-rata 1,6 tahun lebih tua dibandingkan otak kelompok rendah. Mereka yang berada pada kelompok tinggi memiliki rata-rata usia otak 2,6 tahun lebih tua. 

 

2 dari 4 halaman

6 Kebiasaan Tidur

Dari enam kebiasaan tidur, kualitas tidur yang buruk, kesulitan untuk tertidur dan terbangun di pagi hari berhubungan dengan bertambahnya usia otak, terutama ketika orang mengalami masalah ini setidaknya selama lima tahun.

Temuan ini dipublikasikan pada edisi online Neurology, jurnal medis American Academy of Neurology.

Para peneliti menekankan bahwa penelitian mereka, yang didanai oleh National Institute on Aging, tidak membuktikan bahwa kurang tidur mempercepat penuaan otak – namun hanya menunjukkan hubungan antara keduanya. 

 

3 dari 4 halaman

Keterbatasan Penelitian

Salah satu keterbatasan penelitian ini adalah peserta melaporkan masalah tidur mereka sendiri dan mereka mungkin tidak mengkarakterisasi masalah tersebut secara akurat.

“Penelitian di masa depan harus fokus pada menemukan cara baru untuk meningkatkan kualitas tidur dan menyelidiki dampak jangka panjang tidur terhadap kesehatan otak pada orang muda,” kata Yaffe.

Juga pada hari Rabu di Neurology, peneliti Yale melaporkan bahwa orang paruh baya dengan tekanan darah, gula darah atau kolesterol yang tidak terkontrol yang tidak berolahraga, makan dengan sehat atau tidur nyenyak menghadapi risiko lebih tinggi terkena stroke, demensia atau depresi di kemudian hari.

“Studi kami menemukan bahwa membuat pilihan gaya hidup sehat di usia paruh baya dapat berdampak berarti pada kesehatan otak di kemudian hari,” kata penulis studi Dr. Santiago Clocchiatti-Tuozzo.

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya Mendapatkan Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Dr Thomas Kilkenny, direktur Institute of Sleep Medicine di Northwell Health Staten Island University Hospital, mengatakan selalu mendapatkan jumlah tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik sangat penting dalam mempertahankan kinerja kognitif puncak.

“Bukti baru menunjukkan bahwa beberapa kapasitas kognitif tetap terdegradasi akibat kurang tidur meskipun sudah mendapatkan tidur yang cukup, menunjukkan bahwa kurang tidur secara permanen dapat mempengaruhi sistem kognitif tertentu,” Kilkenny, yang tidak terlibat dalam penelitian baru tersebut, mengatakan kepada The Post.

“Hal ini menunjukkan bahwa kurang tidur dalam jangka waktu yang sering dapat memicu penurunan kognitif permanen yang menyebabkan demensia,” tambahnya.