Sukses

Tangani Mata Kambing Dulu Sebelum Tangani Mata Manusia

Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) kirana, pun dijadikan tempat untuk berlatih para calon dokter mata yang akan lulus.

Selain ingin unggul dalam bidang pengobatan dan kedokteran mata, Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Kirana, pun dikhususkan untuk berlatih para calon dokter mata yang akan lulus.

Sebelum para calon dokter muda itu dilepas untuk melakukan operasi mata ke para pasiennya, mesti menjalani latihan menggunakan mata binatang.

"Sebelum melakukan operasi pada manusia, maka kita melatih dulu para calon dokter mata ini menggunakan mata kambing, dan dilihat hasilnya," ujar dekan Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) RSCM, Dr. dr. Ratna Sitompul, saat diwawancarai Liputan6.com, di RSCM Kirana, yang ditulis Jumat (5/7/2013).

Setelah semuanya selesai, dan hasilnya menunjukkan nilai yang baik, barulah secara perlahan keterampilan dan kemahirannya ini digunakan kepada manusia. "Dengan demikian, dokternya semakin terampil, dan aman bagi, pasien yang dioperasi," tambah Ratna.

Meskipun RSCM Kirana UI sering digunakan oleh mahasiswa kedokteran Universitas Indonesia, mahasiswa luar pun boleh berlatih di RSCM Kirana.

"Jadi, tempat ini menjadi lebih komprehensif antara pendidikan, pelayanan, dan penelitian," tutupnya.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini