Sukses

BPOM Temukan Manisan Pala Mengandung Rodhamin di Pasar Swalayan

BPOM mengadakan sidak investigasi terkait produk makanan dan takjilan di Bulan Ramadan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengadakan sidak investigasi terkait produk makanan dan takjilan di Bulan Ramadan tahun ini.

"Sidak makanan dan kandungan zat berbahaya pada produk telah sering dilakukan,  dan bulan Ramadan pun rutin," ujar Humas BPOM,  Budi Djanu Purwanto, Rabu (24/7/2013).

Menurut Budi Sidak kali ini dilakukan di dua pasar swalayan dan tempat penjualan takjil diawasi langsung Deputi III BPOM, Roy A Sparringa.

"Ramadan tahun ini sidak dilakukan di dua tempat pasar swalayan di Jakarta dan penjual takjil,  diawasi langsung oleh Deputi III BPOM," tambahnya.

Hasil Sidak di Carrefour Duta Merlin

Carrefour Kompleks Duta Merlin menjadi lokasi pertama dilakukanya sidak BPOM ditemukan makanan yang positif mengandung Rhodamin B.

"Di Carrefour terdapat manisan pala bewarna merah yang positif mengandung Rhodamin B yang banyak terdapat pada pewarna tekstil," ujar Direkturt Inspeksi dan sertifikasi Makanan BPOM, Drs. Suratmono.

Selain manisan pala ditemukan 16 produk camilan biskuit yang tidak menempelkan label bahasa Indonesia.

Hasil Sidak di Hypermart Gajah Mada

Hypermart Gadjah Mada juga menjadi lokasi kedua sidak BPOM dan ditemukan diantaranya produk biskuit kalengan, bakso kemasan  dan pasta.

"Untuk produk biskuit kalengan di Hypermart ditemukan tanggal kadaluarsa dan kemasan pangan rusak," papar Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan. Dan Bahan Berbahaya BPOM, Roy A. Sparringa.

Roy A. Sparringa berharap konsumen lebih teliti melihat tanggal kadaluarsa dan cermat tidak memilih produk dengan kemasan rusak dan tidak berbahasa Indonesia. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini