Sukses

Yogyakarta Siapkan Enam Posko Kesehatan untuk Pemudik

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiapkan enam posko kesehatan selama masa libur Lebaran yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiapkan enam posko kesehatan selama masa libur Lebaran yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan bisa diakses oleh pemudik dengan gratis.

"Penempatan posko kesehatan untuk Lebaran tahun ini tidak akan berbeda bila dibanding Lebaran tahun lalu. Ada enam lokasi yang dipilih," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tuty Setyowati di Yogyakarta, Minggu.
    
Lokasi posko kesehatan tersebut adalah di Stasiun Tugu, Taman Parkir Abu Bakar Ali, Titik Nol Kilometer, Terminal Giwangan, simpang Kebun Binatang Gembira Loka dan di Stasiun Lempuyangan.
    
"Seluruh posko akan memberikan pelayanan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Layanan bisa diakses dengan gratis," katanya.
    
Setiap posko kesehatan, katanya, akan dilengkapi dengan peralatan penunjang medis, obat-obatan, dan dokter serta perawat dari puskesmas terdekat.
    
"Kami sediakan obat-obatan yang kerap dibutuhkan oleh pemudik. Misalnya untuk mengatasi sakit kepala atau kelelahan akibat menempuh perjalanan jauh," katanya.
    
Di setiap posko kesehatan juga akan bekerja sama dengan layanan Yogyakarta Emergency Services (YES) 118 apabila sewaktu-waktu terjadi keadaan gawat darurat sehingga pasien harus segera dibawa ke rumah sakit.
    
Selain itu, juga akan disiagakan puskesmas yang memberikan layanan pada Minggu yaitu di Puskesmas Jetis, Mergangsan, Tegalrejo, Gedongtengen dan Umbulharjo I.
    
"Lima puskesmas tersebut berada di wilayah yang padat penduduk, dan juga dekat dengan sarana transportasi atau jalur pemudik. Karenanya, kelimanya pun tetap akan memberikan layanan pada Minggu," katanya.
    
Tiga puskesmas yang selama ini sudah memberikan layanan rawat inap 24 jam untuk persalinan yaitu Mergangsan, Jetis dan Tegalrejo juga akan tetap beroperasi seperti biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini