Sukses

Kondisi Nelson Mandela Masih Kritis Usai Operasi Kecil

Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, baru saja menjalani operasi kecil pada Jumat lalu. Namun, kondisi Mandela masih kritis.

Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, baru saja menjalani operasi kecil pada Jumat lalu. Namun, kondisi Mandela masih kritis dan terbaring di rumah sakit di Pretoria.

Mantan negarawan itu dikabarkan menjalani prosedur pembedahan untuk membuka blokir tabung dialisis seperti diungkapkan CBS dan dikutip Pmnewsnigeria, Selasa (30/7/2013).

Tapi Juru Bicara Kepresidenan Mac Maharaj tidak mau mengkonfirmasi kebenaran berlangsungnya operasi kecil.

Menurut laporan sebelumnya, pemenang Nobel Perdamaian berusia 95 tahun itu bernapas dengan bantuan ventilator dan telah menjalani dialisis beberapa minggu, setelah ia dirawat di rumah sakit karena infeksi paru-paru. Mandela masuk rumah sakit pada 8 Juni 2013.

CBS juga melaporkan kondisi Mandela sempat mengkhawatirkan pada minggu terakhir.

"Pada satu kesempatan Mandela tak merespons obat-obatannya dan mesin pendukung kehidupannya menunjukkan ia dalam kesulitan," begitu informasi dari CBS.

Sementara Maharaj mengaku ia tak tahu dua kondisi yang mengkhawatirkan dari Mandela.

"Dia sangat kritis, stabil, tapi ada beberapa perbaikan," katanya kepada AFP.

Mandela terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama negara itu pada tahun 1994 dan menjadi ikon global untuk perdamaian dan pengampunan setelah rekonsiliasi dengan mantan penindasnya.

Mandela pernah menjalani 27 tahun penjara di bawah rezim apartheid. Ia dibebaskan dari penjara pada 1990.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini