Sukses

Coba Ketupat dari Beras Merah, Lebih Sehat dan Mengenyangkan

Ketupat biasanya dari beras putih dengan karbohidrat sederhana. Agar lebih sehat cobalah ketupat dari beras merah.

Sajian di saat lebaran biasanya tidak lepas dari rendang, opor dan sebagainya. Padahal, jika kita ingin lebih sehat, ada sajian yang baiknya diganti bahannya. Seperti ketupat atau lontong misalnya.

Biasanya makanan pokok saat lebaran ini dibuat dari beras putih. Padahal jika diganti dengan beras merah,akan lebih bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti disampaikan oleh Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi yang juga Pengurus PDGKI Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. GK saat diwawancari Liputan6.com beberapa waktu lalu. Menurutnya, akan lebih baik jika ketupat atau lontong, diganti dengan beras merah.

"Beras merah memiliki banyak serat. Tidak seperti beras putih, beras merah akan membantu sistem pencernaan. Apalagi saat lebaran, pasti kita makan lebih banyak makanan berlemak," kata Tirta yang ditemui di kantor IDI, Jakarta beberapa waktu lalu, dan ditulis Kamis (8/8/2013).

Menurut Tirta, walaupun Anda makan makanan berlemak, tapi dengan ketupat atau lontong dari beras merah, lemak tidak terlalu terabsorsi atau tidak terlalu banyak dicerna. Sehingga otomatis total kolesterol akan lebih sedikit.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini