Sukses

Ajaib, Wanita Ini Sudah Mati Tapi Hidup Lagi Berkat `Lucas`

Seorang perempuan warga negara Australia menceritakan pengalamannya setelah beberapa saat mengalami kematian secara klinis selama 42 menit.

Seorang perempuan warga negara Australia menceritakan pengalamannya setelah beberapa saat mengalami kematian secara klinis selama 42 menit.

Vanessa Tanasio (41) dibawa ke Monash Medical Centre, Melbourne minggu lalu setelah mengalami serangan jantung akibat salah satu pembuluh darah arterinya menyempit dan memblok aliran darah ke jantung.

Sayang, ibu dua anak ini dinyatakan meninggal secara klinis saat tiba ke rumah sakit.

Untungnya para dokter yang menanganinya tak kenal menyerah. Mereka menggunakan alat kompresi yang disebut Lucas 2 agar aliran darah ke otak tetap lancar, sementara ahli jantung Wally Ahmar membuka arteri yang memblok aliran darah.

Sekali terbuka, jantung Tanasio mulai berdetak kembali dan denyut menjadi normal kembali. "Saya menggunakan kejutan ganda, pengobatan ganda agar jantung kembali bekerja," ujar Ahmar. Ahmar mengakui, ini sebuah keajaiban. "Saya tidak terlalu mengharap ini akan berhasil baik seperti ini, " ujar Ahmar.

Tanasio menyebutkan, dirinya tidak memiliki riwayat sakit jantung dan merasa bersyukur kembali hidup. "Saya ingat saat saya terduduk di sofa dan jatuh ke lantai, kemudian sampai di rumah sakit dan dua hari selanjutnya menghilang," ujar Tanasio.

"Saya rasa saya telah meninggal selama nyaris dua jam dan hanya seminggu setelahnya saya kembali baik. Ini sungguh luar biasa dan nyata." ujarnya seperti dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (20/8/2013).

Alat yang disebut Lucas secara fisik menekan dada, seperti saat kita memberi resusitasi kardiopulomonary (CPR), sehingga dokter dapat bekerja terus tanpa henti untuk membuka pembuluh darah arteri yang menyempit dan menutupi jalan darah dengan stent.

Inilah pertama kalinya seorang pasien sukses ditangani dengan alat ini yang sudah diberikan gratis ke rumah sakit ini. Kematian klinis pada dasarnya merupakan istilah yang dikenal di dunai kedokteran untuk kondisi saat seseorang tak lagi bernapas dan darah berhenti bersirkulasi/ mengalir.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini