Sukses

11,8 Juta orang Indonesia Bisa Kena Diabetes di 2030

Pada 2030 akan ada 11,8 juta orang Indonesia yang mengidap diabetes karena terjadinya pergeseran pola makan dan gaya hidup.

Dengan adanya pergeseran pola makan, gaya hidup serta rendahnya aktivitas fisik yang sering dihubungkan dengan obesitas, maka diprediksi pada 2030 nanti ada 11,8 juta orang Indonesia yang mengidap diabetes.

Sandep Sur, Direktur Novo Nordisk Indonesia menyampaikan hal berikut berdasarkan sebuah studi yang disebut Blueprint for Change. Studi ini dilakukan di beberapa negara termasuk Indonesia.

"Sudah ada upaya untuk menurunkan angka diabetes ini. Seperti melatih 5.000 orang untuk program edukasi. Namun sepertinya belum cukup untuk mewujudkan ambisi mengubah diabetes karena terlalu banyak pengidap diabetes yang tidak terkontrol dan berisiko terkena komplikasi yang parah," ungkap Sandeep saat memberikan paparan Blueprint for Change di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Menurut Sandeep, studi blueprint menyebutkan bahwa hanya ada 1 dari 8 orang yang membutuhkan insulin dan bisa mendapatkannya.

"Indikasi mengubah diabetes bisa berdampak luas bagi Indonesia. Deteksi dini dan pengobatan yang tepat dapat mencegah 37.500 serangan jantung yang disebabkan diabetes, 405.200 gagal ginjal akibat diabetes, dan menghemat biaya pengobatan hingga 5,8 miliar dolar. Sehingga 4,6 juta tahun kehidupan bisa diselamatkan," paparnya.

Sementara Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P (K) MARS mengatakan pada 2030 pengidap diabetes akan mencapai 21,3 juta jiwa di Indonesia. Hal ini didasarkan oleh laporan Organisasi Kesehatan Dunia 2010. (Fit/Igw)
  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes