Sukses

Asma Lebih Gampang Sembuh pada Anak Lelaki

Anak perempuan dan anak-anak yang alergi terhadap binatang berbulu seperti anjing dan kucing, sangat susah untuk disembuhkan dari asma

Sebanyak satu dari lima orang anak-anak dengan asma, akan tumbuh dengan kondisi saluran pernapasan yang buruk seiring bertambahnya usia anak-anak itu. Terutama, anak perempuan.

Penelitan baru menunjukkan, anak perempuan dan anak-anak yang alergi dengan binatang berbulu seperti anjing dan kucing, nasibnya akan kurang beruntung di kemudian hari. Sebab, ia akan sangat susah untuk disembuhkan dari penyakit asmanya tersebut.

"Sensitivitas terhadap hewan berbulu dan asma, lebih parah pada usia anak menginjak 7 sampai 8 tahun. Keduanya berbandung terbalik yang berkaitan dengan penyembuhan," kata pakar Penyakit Paru Apnea di Northern Swedia, Dr Martin Andersson, dikutip Health24, Kamis (19/9/2013)

Ia melanjutkan, lebih dari 200 anak-anak dengan asma ditemukan bahwa pada usia 19 tahun, 21 persennya dalam tahap penyembuhan. Berarti, anak-anak itu tidak lagi mengalami bersin-bersin dan penggunaan inhale berkurang. Penyembuhan lebih diumum terjadi pada anak laki-laki.

Asma merupakan penyakit dengan gejala sesak di dada secara berulang, batuk dan bersin, yang dipicu oleh rangsangan yang berbeda. Mulai dari alergi, udara dingin, dan asap.

Penyakit ini melibatkan dua elemen utama, yaitu peradangan kronis dari saluran udara serta sesak di dadak. Saluran udara pada penderita asma akan menjadi 'sangat gugup atau hiper responsif), dan bereaksi dengan sangat mudah untuk memicu bronkitis.

Karena peradangan saluran napas yang mendasari penyakit ini, fokus utama untuk pengobatan telah bergeser ke kontrol yang dilakukan secara efektif dari peradangan saluran napas kronis, dan terapi controller (terus menerus).

(Adt/Abd)