Sukses

Payudara Kendur Bukan Karena Menyusui, Terus Apa Dong?

Payudara kendur sering dialami ibu yang menyusui. Namun sebuah penelitian menemukan, menyusui bukanlah yang membuat payudara kendur.

Payudara kendur sering dialami ibu yang menyusui. Dan kekhawatiran tersebut juga dirasakan wanita yang menggunakan implan di payudaranya. Namun sebuah penelitian menemukan, menyusui bukanlah yang membuat payudara kendur.

Studi itu mengamati 119 wanita dengan implan payudara. "Payudara kendur sering dialami setelah melahirkan, itu hasil dari perubahan yang dibawa oleh kehamilan itu sendiri, bukan menyusui," kata penulis penelitian Dr Norma Cruz, yang juga merupakan profesor operasi plastik di University of Puerto Rico School of Medicine di San Juan seperti dikutip Relaxnews, Senin (14/10/2013).

Dr Cruz juga mengatakan, menyusui tidak membuat payudara wanita yang dibesarkan ukurannya menjadi melorot.

Cruz mempresentasikan temuannya itu dalam pertemuan ilmiah tahunan Society of Plastic Surgeons di San Diego, California.

Perubahan Ukuran

Penelitian ini mengevaluasi perubahan dalam ukuran payudara akibat kehamilan pada 57 wanita yang membesarkan payudaranya serta menyusui. Selain itu juga pada 62 wanita dengan implan payudara tapi tak menyusui.

Pengukuran dilakukan sebelum kehamilan dan satu tahun setelah kehamilan atau setelah selesai menyusui.

Hasilnya, perubahan dalam pengukuran payudara dan tingkat kendur tak berbeda secara signifikan di antara wanita yang menyusui dan tidak.

Meskipun wanita yang mengalami payudara kendur meningkat, Dr Cruz mengatakan hal tersebut karena perubahan yang berhubungan dengan kehamilan, bukan menyusui.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini