Sukses

Waspada! Pria Pemakan Daging Olahan, Jumlah Spermanya Sedikit

Berdasarkan penelitian terbaru di Amerika, menemukan bahwa pria yang senang makan daging olahan juga memengaruhi jumlah spermanya.

Bukan hanya rokok, alkohol atau stres yang bisa membuat jumlah sperma pada pria lebih sedikit. Tapi juga berdasarkan penelitian terbaru di Amerika, yang menemukan pria yang senang makan daging olahan memengaruhi jumlah spermanya.

Seperti dikutip laman UPI, Jumat (18/10/2013) peneliti Dr Myriam Afeiche dari Departemen Gizi di Harvard School of Public Health di Boston dan rekannya mengatakan, bahwa penelitian ini melibatkan 156 pria yang menjalani fertilisasi in vitro dengan pasangannya.

Lalu kemudian, pria ini memberikan 364 sampel air mani dan menyelesaikan kuesioner. Para peneliti pun pada akhirnya menguji sampel air mani yang disesuaikannya dengan usia, indeks massa tubuh, evaluasi kesuburan sebelumnya, status merokok, ras, asupan kalori dan pola diet.

Studi ini menemukan orang-orang yang secara teratur makan daging olahan memiliki jumlah terendah dari jumlah sperma normal dibandingkan dengan pria yang sedikit makan daging olahan. Pria yang mengonsumsi kurang dari satu porsi daging sehari memiliki 30 persen lebih normal daripada pria yang sering makan olahan.

Tapi peneliti mengatakan, pria yang makan daging ikan putih maupun ikan gelap seperti salmon atau tuna memiliki jumlah sperma total paling tinggi diantara semuanya.

Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility dan dipresentasikan di American Society for Reproductive Medicine.

(Fit/Igw)





Video Terkini