Sukses

Di China, 11 November Jadi Hari Spesial Para Jomblo

Remaja di China merayakan 11 November sebagai hari untuk para jomblo. Tahun ini sebanyak 180 juta lajang di China merayakannya.

Wah! ternyata bukan pasangan saja yang punya tanggal spesial sebagai perayaan hari kasih sayang. Ternyata angka 11 pada bulan 11 menjadi hari spesial untuk para jomblo di China.

Dikutip Yourtanggo, Senin (11/11/2013) mahasiswa di China merayakan Single's Day pada tanggal 11 bulan 11. Tahun ini sebanyak 180 juta lajang di China merayakannya dengan menandai tanggal tersebut sebagai hari libur.

Hal ini bertujuan untuk mendorong yang belum menikah bersosialisasi dan merayakan dengan orang-orang yang berstatus sama.

Perayaan ini berawal di tahun 1990 seorang mahasiswa di Universitas Nanjing yang menumumkan hari spesial bukan hanya milik pasangan tetapi untuk para lajang. Kemudian para remaja di hmeneruskan kebiasaan ini dari tahun ke tahun hingga sekarang.

Di hari spesial ini, beberapa orang berstatus singel menggunakan kesempatan itu untuk mengungkapkan perasaan mereka. Hari untuk para jomblo tersebut dikenal dengan Guanggun Jie yang lebih berfokus pada pria yang melajang.

Selain belanja dan pemberian hadiah yang unik, beberapa anak muda di China merayakan dengan pesta seperti makan malam bahkan kencan buta.

Pada tahun 2011, di kota Shanghai pernah diselenggarakan kencan buta yang melibatkan 10.000 para lajang. Hari spesial ini banyak dijadikan patokan untuk para remaja menikah di tanggal kembar ini.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.