Sukses

Tidur Masih Pakai Makeup? Ini Dampak Buruknya

Kaum wanita jangan lupa membersihkan wajah Anda sebelum tidur. Sekali saja Anda tak membersihkan wajah Anda, benar-benar buruk buat kulit.

Jangan lupa membersihkan wajah sebelum tidur. Sekali tak dibersihkan, akan berisiko buruk buat kulit Anda. Demikian disampaikan Dermatologis Dennis Gross MD seperti dikutip WomensHealthMag, Rabu (11/12/2013).

Sebuah survei mengungkapkan, selama musim panas sepertiga wanita tidur dengan riasannya, setidaknya dua kali seminggu. Cara ini bisa menyumbat pori-pori Anda dan kelenjar minyak. "Ketika makeup berdampak ke pori-pori, bisa membuatnya terlihat lebih besar," kata Gross.

Pori-pori ini tak akan kembali ke ukuran aslinya dengan mudah. Selain itu, tingkat kolagen di kulit Anda juga menurun seiring bertambahnya usia.

Tak hanya menyumbat pori-pori dan membuat lebar, melewatkan rutinitas membersihkan wajah juga menyebabkan peradangan, yang bisa menghasilkan radikal bebas dan merusak kolagen.

Faktor-faktor ini dikombinasikan dengan pori-pori yang lebih besar, yang bisa membuat kulit lebih cepat tua. Jadi, menurut Gross, yang terbaik adalah segera menghentikan kebiasaan malas ini.

Jika Anda terlalu lelah berjalan ke wastafel untuk mencuci wajah, letakkan tisu pembersih wajah di tempat tidur. Jika sudah rutin mencuci wajah setiap malam tapi masih mengalami masalah kulit yang menjengkelkan, periksa ke dokter.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.