Sukses

Jumlah Remaja 3B atau Cabe-cabean akan Naik 100 Persen di 2014

Selain karena ajang pesta politik di 2014 diprediksi Kak Seto meningkat 100 persen kalau orangtua terus memikirkan karir dan bersikap acuh.

Istilah remaja sekarang ada-ada saja, mulai dari cabe-cabean (cewek belia) sampai terong-terongan (cowok belia) yang dipakai sebagai panggilan remaja yang berperilaku berisiko.

Menurut Ketua Umum Komisi Nasional Anak Indonesia (Komnas Anak), Arist Merdeka Sirait selain 'cabe-cabean' ada remaja 'tiga b' (3B) yang juga melanda remaja usia belasan yang berhubungan dengan gaya hidup.

"Sebelum cabe-cabean, remaja juga dekat dengan istilah tiga b yaitu untuk laki-laki behel, boil (mobil), blackberry. Sedangkan para perempuan behel, bonding dan blackberry. Itu buat mereka sebagai gaya hidup, dan gaya hidup itu kan butuh dana makanya mereka bisa saja melakukan perilaku berisiko untuk memenuhi kebutuhan gayanya," kata Arist.

Menurut Arist para remaja ini sebenarnya hanya butuh perhatian dan kasih sayang.

Hal ini juga dikatakan pemerhati anak, Seto Mulyadi. "Merkea itu ibarat bunga yang butuh disiram kasih sayang dan perhatian dari orangtua, jangan biarkan mereka layu sebelum berkembang," kata pria yang dikenal dengan sapaan Kak Seto ini, seperti ditulis Rabu (25/11/2013).

Menurut Kak Seto remaja yang melakukan perilaku berisiko bukanlah penjahat melainkan cermin untuk banyak orang. "Jangan menganggap cabe-cabean atau remaja yang mengarah ke perilaku berisiko itu penjahat. Justru jadikan cermin untuk berkaca diri untuk semua orang, apakah sudah menjadi orangtua atau pribadi yang baik atau tidak," kata Ka Seto.

Arist dan Seto mengatakan fenomena anak-anak berperilaku berisiko akan terus meningkat jika para orangtua dan masyarakat sekitar bersikap acuh.

"Ini akan terus meningkat bisa 60 persen atau bahkan 100 persen di tahun 2014. Selain karena menjadi ajang pesta politik yang mengeksploitasi anak-anak, akan semakin banyak orangtua yang sibuk dan hanya memikirkan karir saja tanpa memikirkan anak-anak. Padahal anak-anak itu butuh perhatian dan kasih sayang," kata Seto. (Mia/Igw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

`Cabe-cabean` dalam Kamus Slang

Cabe-cabean dan Terong-terongan Paling Banyak Disimak

`Cabe-cabean` Tumpah Ruah di BKT

Ciri Lain Remaja Cowok yang Mengalami Gejala `Terong-terongan`

Gofar Hilman Rajin Ingatkan ABG Putri Agar Tak Jadi `Cabe-cabean`

Penyebab Gadis Belia Jadi `Cabe-cabean`

Ini Tiga Tipe `Cabe-cabean` Menurut Pakarnya

Berbagai Perilaku Kenakalan Remaja yang Mengkhawatirkan
Gadis Belia Jadi `Cabe-cabean` Salah Siapa?
Penyebab Gadis Belia Jadi `Cabe-cabean`

Fenomena `Cabe-cabean`, Ini 10 Kategori Gadis Cabe-cabean

Fenomena Cabe-cabean Melanda Gadis ABG, Apa Kata Anak Gaul?

Remaja Cowok Juga Alami Fenomena `Terong-terongan`



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini