Sukses

Bocah Penderita Thalassemia Butuh Bantuan

Seorang bocah usia sembilan tahun di Padang, Sumatera Barat menderita penyakit talasemia dan butuh bantuan

Seorang bocah usia sembilan tahun di Padang, Sumatera Barat menderita penyakit talasemia atau kerusakan sel darah merah. Perutnya buncit namun tubuhnya kurus karena kurang gizi. Anak janda miskin ini perlu bantuan untuk bertahan hidup dan memenuhi asupan gizi setiap hari.

Perut Jefri Lingga Putra, bocah sembilan tahun di Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat ini terus membengkak. Perutnya membesar sejak usianya dua tahun, karena pembengkakan hati dan limpa. Jefri mengidap penyakit thalassemia, karena kelainan genetik yang diturunkan dari orangtuanya. Penderita penyakit ini, seumur hidup harus melakukan transfusi darah. Akibat sakitnya ini, jefri tidak bisa bersekolah seperti anak lainnya.

Sayang, kemiskinan membuat Jefri juga menderita kurang gizi. Kini, Jefri hanya diasuh oleh ibunya karena sang ayah pergi meninggalkan mereka, begitu mendapati anaknya menderita penyakit thalassemia. Kini, mereka menumpang tinggal di rumah kerabat.

Untuk bertahan hidup, Jefri harus mendapat transfusi darah dua minggu sekali. Besarnya biaya pengobatan, membuat ibunya terpaksa menitipkan adik Jefri yang berusia tujuh tahun, di panti asuhan. Sedangkan si bungsu berusia satu setengah tahun masih dipertahankan di rumah, dengan asupan makanan seadanya.

Asep Kusnadi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.