Sukses

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Anda yang kerap sulit tidur di malam hari, coba perhatikan warna cat dinding kamar! Bisa jadi faktor ini penyebabnya

Hampir semua orang pernah mengalami sulit tertidur di malam hari. Saat itu Anda tak bisa memejamkan mata Anda tanpa alasan pasti.

Bisa jadi ini karena Anda minum kopi di saat jam tidur atau terganggu suara dengkuran pasangan yang memecahkan telinga. Bisa juga tetangga sedang mengadakan pesta dengan suara musik yang mengganggu.

Tapi, bagaimana jika penyebab sulit tidur itu memang tak jelas? Sebuah infografis yang dibuat MensHealth mengungkapkan, dekorasi kamar Anda bisa disalahkan. Dan paling sering pemilik rumah yang mengalami sulit tidur karena dekorasi berwarna deep eggplant (ungu terong) atau radiant orchid (ungu anggrek).

Seperti dikutip HuffingtonPost, Senin (20/1/2014), dari survei terhadap 2.000 pria dan wanita tentang pengaruh warna kamar tidur mereka dengan tidur diperoleh:

  1. Biru rata-rata orang tidur 7 jam 52 menit per malamnya.
  2. Kuning rata-rata orang tidur 7 jam 40 menit
  3. Hijau rata-rata orang tidur 7 jam 36 menit
  4. Warna Siver rata-rata orang tidur7 jam 33 menit
  5. Oranye rata-rata orang tidur 7 jam 28 menit
  6. Merah rata-rata orang tidur 6 jam 58 menit
  7. Emas (gold) rata-rata orang tidur 6 jam 43 menit
  8. Abu-abu rata-rata orang tidur 6 jam 12 menit
  9. Cokelat rata-rata orang tidur 6 jam 5 menit
  10. Ungu rata-rata orang tidur 5 jam 56 menit

Dari survei tersebut terlihat kamar berwarna biru yang membuat orang tidur paling lama yakni 7 jam 52 menit dibanding warna lainnya. Mengapa begitu?

Chris Idzikowski, Sleep Expert dari Edinburgh Sleep Centre menjelaskan, ada reseptor khusus yang disebut gel ganglion di retina mata yang paling sensitif terhadap warna biru.

"Reseptor ini memberikan informasi ke suatu daerah yang jauh di dalam otak kita yang mengontrol 24 jam irama, dan memengaruhi bagaimana kita agar merasa baik di siang hari. Interaksi itu antara cahaya, tidur, dan terjaga sangat penting," jelasnya.

Lantas bagaimana dengan warna terburuk? Itu adalah ungu yang membuat orang tidur 5 jam 56 menit.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.