Sukses

Di RS Pertamedika, Sel Punca Bisa Diambil dari Lemak

Bila biasanya stem cell atau sel punca yang disimpan di bank sel punca berasal dari tulang belakang atau darah tali pusat, di RS Pertamedika

Bila biasanya stem cell atau sel punca yang disimpan di bank sel punca berasal dari tulang belakang atau darah tali pusat, di RS Pertamedika lain.

Di Rumah Sakit khusus lever dan jantung ini bisa dilakukan penyimpanan sel punca yang diambil dari lemak tubuh kita. Jadi, akan ada yang namanya unit Fat Banking.

Meskipun baru bisa dilakukan enam bulan lagi, Direktur Operasional RS Pertamedika, dr. Kamelia Faisal, MARS optimistis bahwa fat banking bisa menjadi alternatif pengobatan, khususnya dalam mengobati penyakit sendi.

"Kalau sekarang, stem cell ini masih dipelajari segi regulasi dan penerapannya. Karena berani melakukan berarti rumah sakit harus sudah siap dengan investasi yang besar seperti misalnya ketersediaan laboratirum," kata Kamelia yang ditemui saat peresmian RS Pertamedika di Sentul, Bogor-Jawa Barat, Senin (20/1/2014).

Yang menarik, menurut Kamelia, pengambilan sel ini bukan dari tulang belakang seperti yang kita ketahui sebelumnya. Melainkan dari lemak tubuh sehingga tidak akan menyakitkan pasien dan tidak memakan banyak waktu.

"Pengambilannya cepat, tidak sulit dan tidak sakit. Selain itu, prosesnya hanya berlangsung 3-4 jam".

Sel punca sejauh ini sangat efektif untuk mengobati penyakit sendi seperti osteoporosis (pengeroposan tulang), rematik dan rhematoid arthritis. Selain itu, sel punca juga bisa memperbaiki otot jantung yang rusak, kata Kamelia.

(Fit/Abd)