Sukses

Mobil Air Bersih dari IDI Akan Datangi Kalibata dan Kampung Pulo

Demi memenuhi ketersediaan air bersih di pengungsian korban banjir, IDI mengirimkan mobil pengelolaan air bersih langsung dari Bandung

Demi memenuhi ketersediaan air bersih di pengungsian korban banjir, IDI mengirimkan mobil pengelolaan air bersih yang didatangkan langsung dari Bandung, Jawa Barat. Saat ini, daerah yang akan mendapatkan bantuan itu adalah Kalibata dan Kampung Pulo.

Demikian disampaikan Komite Tanggap Bencana Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB-IDI), dr. Ardiansyah, dalam acara 'Penyediaan Air Bersih oleh PB-IDI' di Sekretariat PB-IDI, Jakarta, Rabu (22/1/2014).

"Tapi, kalau nanti PB-IDI mendapatkan laporan dari tempat lain yang membutuhkan ketersediaan air bersih, maka akan kami survei. Kalau memang membutuhkan, kami akan mengirimkan mobil ini ke tempat itu," kata Ardiansyah.

Saat ini, kata Ardiansyah, mobil itu belum diberangkatan dari Bandung. Sebab, mobil akan bergerak setelah mengetahui tempat pastinya, dan tidak boleh berpindah-pindah. "Karena mobil ini harus dekat dengan sumber air dan tempat berhentinya mobil itu harus di tanah yang kokoh," kata Ardiansyah menambahkan.

Dipilihnya dua tempat ini, karena di mata PB-IDI jumlah pengungsi di sana sangat banyak, serta memiliki sumber air yang akan diolah, yaitu sungai.

Tempat yang kokoh, menurut Ardiansyah diperlukan karena ketika mobil mulai memproses air kotor, bobot akan bertambah besar. Kalau mobil berhenti di tempat yang lembek, takutnya akan terjadi melesak ke dalam karena tak mampu menahan bobot mobil.

Menurut Ardiansyah, air yang dihasilkan dari mobil pengelola LAPI-ITB sangat bersih dan jernih. Saking bersihnya, air tersebut dapat diminum langsung tanpa perlu dimasak.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini